Output air compressed yang mengandung air dikarenakan beberapa penyebab : 1) humidity (kelembaban) daerah/ruang Compressor yang tinggi; 2) terjadi kegagalan fungsi dari alat pemisah air dengan udara, yaitu: water separator, air dryer, mist elliminator. Solusinya adalah menjaga kelembaban ruangan compressor (if necesarry), dan perbaiki/ganti alat pemisah air tsb.

Tanya – Ibnu Fajar

Izin Pak Admin,

Dear members and experts,

Kiranya berkenan share ilmunya, kenapa screw compressor di tempat kami output udara bertekanannya selalu bercampur air, apakah ini abnormal symptom ataukah normally/ common effect occurs due to isothermal cycle?

Lalu, bagaimana menghitung & menganalisa bahwa sebuah screw compressor masih effisien/ ekonomis untuk beroperasi atau tidak.

Terimakasih.

Tanggapan 1 – Sigit kumoro bekti

Hi Mas Fajar,

Kalau boleh sharing juga, kemungkinan besar udara yang dihisap mengandung uap air (aka humidity daerah sekitar sangat tinggi), so uap air ini akan associated dengan udara terkompresi yang ikut terkompresi, discharge compressor akan selalu didinginkan oleh cooling system yang akan digunakan untuk common use or instrument air sehingga terjadi penurunan temperature udara terkompresi sehingga bisa mudah terjadinya kondensasi tetapi belum 100% uap air associated dengan udara akan terkondensasi. disinalah peranan moist eliminator atau menggunakan coalleser untuk menghilangkan kandungan air sehingga down stream udara akan dijamin betul betul kering tanpa ada kandungan air. sehingga wajar saja kalau masih ada kandungan air, kalau yang tidak wajar kalau output mengandung oil, berarti seal2 compressor kemungkinan sudah rusak.

Hemat saya bagaimana menghitung effisiensi compressor sepertinya bisa dihitung berdasarkan diagram TS, pada umumnya screw comprssor dilengkapi dengan thermocouple dan Pressure point untuk setiap discharge bahkan pada suction intake dilengkapai dengan tekanan dan temperature juga, anda bisa menghitung dengan membandingkan dengan designnya atau first commisioning screw compressor sehingga anda bisa mendapatkan reference dengan menganalisa kebtuhan electricnya juga.

Tanggapan 2 – ari kristiawan

Pak Fajar,

Sedikit menambahkan penjelasan dari pak sigit, output air compressed yang mengandung air dikarenakan beberapa penyebab

1) humidity (kelembaban) daerah/ruang Compressor yang tinggi

2) terjadi kegagalan fungsi dari alat pemisah air dengan udara, yaitu: water separator, air dryer, mist elliminator.

Solusinya adalah menjaga kelembaban ruangan compressor (if necesarry), dan perbaiki/ganti alat pemisah air tsb.

Tanggapan 3 – harry alfiyan

Dear Pak Fajar,

Sedikit juga menambahkan, adalah suatu hal yang biasa untuk udara yang terkompressi mengalami perubahan tekanan dan uap air dalam udara terkondensasi. Untuk memperoleh udara kering seperti instrument air, maka output air dari compressor diumpankan ke air dryer (typenya bisa dessicant, refrigerant, atau membran), tergantung kepada kebutuhan dan kondisi udaranya. Jika di tempat Bapak sudah ada air dyer, mungkin Bapak bisa cek dew point udara keluarnya, untuk memastikan udara masih layak/cukup kering.