Statoil telah menyerahkan Eidesvik Offshore lima tahun sewa untuk platform supply vessel Viking Avant di offshore Norwegia. Kontrak memiliki option three single-year extensions.

Penulis : Offshore staff

Statoil telah menyerahkan Eidesvik Offshore lima tahun sewa untuk platform supply vessel Viking Avant di offshore Norwegia. Kontrak memiliki option three single-year extensions.

Statoil juga telah menyewa PSV Viking Lady dari Eidesvik Shipping, sebuah cabang dari Eidesvik Offshore, berdasarkan sewa dua tahun – juga di wilayah Norwegia – dengan two single-year options.

Berbeda dengan design PSV sebelumnya, Viking Avant dibangun dengan bridge dan engine aft. Tujuan dibalik arrangement ini adalah untuk mengurangi gerakan dan noise di superstructure, meningkatkan kualitas dari onboard working hours untuk crew, serta kondisi di area tempat tinggal dan working area, semua dilokasikan diatas deck utama.

Viking Lady adalah kapal ketiga Eidesviks dari design ini, tapi juga menggunakan dual-fuel LNG/diesel-electric power plant, yang didesain untuk memotong emisi NOx.

Owner kapal Norwegia lainnya, Aalesund Farstad Shipping yang berbasis di Aalesund, telah mengontrak STX OSV untuk membangun dua UT 731 CD-type anchor yang menangani kapal service offshore untuk sekitar 218 juta dolar.

Kapal didesain oleh Rolls Royce Marine, yang keduanya berada di 87.4 m (287 ft) dan lebar 21 m (69 ft), dengan bollard pull kira-kira 260 t dan daya yang diinstal 24 000 hp. Keduanya juga akan dibangun menurut klasifikasi Clean Design DNV, untuk keamanan dan pengoperasian deepwater yang efisien.

Hull baja akan dibangun di Rumania dengan memperlengkapi yang dijalani oleh STX OSV Langsten di Tomrefjord, Norwegia. Kapal akan dikirim pada April dan Juni 2013.

Sumber: www.offshore-mag.com