Merujuk kepada clauses 18 of ASTM A6 , bagaimana cara, praktek dan pengalaman rekan-rekan untuk memenuhi caluses standard tsb, terutama pada phase kontsruksi, misalnya materialnya datang ke warehouse sudah berbentuk plat, dan kemudian dipotong-potong sesuai dgn keperluan, dan diinstal di lapangan. Bagaimana dan pakai apa mengidentifikasi potongan plat tsb. ?

Tanya – Dirman Artib

Kawan milis yth.

Merujuk kepada clauses 18 of ASTM A6 , bagaimana cara, praktek dan pengalaman rekan-rekan untuk memenuhi caluses standard tsb, terutama pada phase kontsruksi, misalnya materialnya datang ke warehouse sudah berbentuk plat, dan kemudian dipotong-potong sesuai dgn keperluan, dan diinstal di lapangan. Bagaimana dan pakai apa mengidentifikasi potongan plat tsb. ?

Mohon Pak Hasanuddin dan Pak Amir (Radiant Utama) juga turut sumbang pengalaman ๐Ÿ™‚

Tanggapan 1 – Faisal Reza

maksudnya bgmana mas?….nggak yakin dari potongan itu merefer pada mother plate atau hanya memberikan identifikasi pada hasil potongan2 dari mother plate?

kalau nggak yakin biasanya pakai PIM

kalau utk meng identifikasi pakai mesin stencil / stamping…

semua ada standardnya itu termasuk jenis mesin stencil nya atau kedalaman dari stamping nya dsb dsb…saya ada banyak ASTM tapi di database saya …maklum sudha lama nggak di fabrikasi…tapi intinya ya diatas begitu.

begitu juga PIM banyak jenis analysier tapi yg sering dipakai mgkin jenis XRF shooter…

ok semoga ada ide.

Tanggapan 2 รขโ‚ฌโ€œ Daniel

Mas Faisal…

Masih inget lah merk alat stencil ato stamping yg dulu dipakai? Kalo ada info vendor local saya lebih berterima kasih. Berapa harga nya ya mas..

Tanggapan 3 – Faisal Reza

wah saya nggak tahu mas Daniel…itu sejenis low stress stencil….nggak mahal2 amat kok….

modelnya kayak yg gini2

http://www.steelstamps.com/round-face-low-stress-hand-stamp.html

tapi saya nggak ingat dulu merek nya apa??

Tanggapan 4 – Dirman Artib

Gini Pak Reza,

Kalau anda sudah potong-potong itu plat untuk misalnya bikin structure, lalu pakai apa dimarking -nya ? Kemudian, bagaimana supaya potongan plat tsb bias di trace-back kepada plat induk agar kita bisa tahu bahwa si potongan itu berasal dari Heat Number ybs. Silahkan beri contoh sistem penomorannya, dalam praktek nyata.

Kalau misalnya plat kuat dan keras sekelas ASTM 572/ASTM 572M grade 40 atau 50, nah apa bisa di-stamping? Apa nggak mata stampingnya yg rontok duluan?

Tanggapan 5 – Faisal Reza

Gimana ya lupa saya kalau masalah penomoran…tapi jelas kita taruh indikasi dari heat number daripada mother plate….terus kita kasih sendiri nomer seri berdasarkan karangan kita sendiri asal beratur….terserah aja mas setahu saya….tapi saya sungguh lupa detilnya….mgkin teman2 yg lain bisa membantu.

Seingat saya ada kita kasih nama berdasarkan nama project (tapi di singkat setelah itu kita kasih tambahan utk modul apa) gitu seingat saya….alaah mas dikarang sendiri aja pokoknya intinya bisa di trace dan merefer pada mother plate utk HN nya…

kalau masalah stensil…grade 40 berapa sih mas yield pointnya paling nggak sampek 300 MPa…ya kita cari stensil yg lebih keras dari itu tapi yg masih memberikan low stress banyak kok mas….saya kira ada di Indonesia….

tapi waktu itu projek carigali dilakukan di pasir gudang JB dan dekat dgn singapura jadi belinya di singapura instead of KL….sewaktu itu kita pakai beberapa utk plate ASME 516 gr70 utk vessel tapi tidak banyak utk ini karena utk vessel…

dan juga pakai utk plate struktur EN 10225 S420 YS: sekitar 355Mpa

seingat saya ndak ada masalah…..memang mgkin kalau dipakai terlalu banyak yg label depan stensilnya akan rontok….ya jelasnya beli lagi mas gimana lagi….tapi itu bukan masalah sebab stensil itu sendiri nggak mahal kok….

kalau yg mahu mahal dan cepet ya dikirim lagi ke bagian manufacturing mereka paka printed stencil otomatis dan label stensilnya sangat detil….tapi yg ini ya mahal mas….

Tanggapan 6 – Dirman Artib

Terima kasih pak Faisal, info nya sangat berguna.

Langsung saya minta procurement meluncur ke Dubai utk cari, beli dan bawa pulang secepatnya 15-20 biji utk type yg mampu nulis di atas BS EN 10025 S335J2 dan ASTM 572 Gr 50. Sekalian weekend gratis.