Untuk mempelajari PLC, yang paling mudah anda harus belajar dulu system digital. Lalu belajar bahasa pemograman plc yang paling dasar yaitu bahasa ledder diagram. Kalau dua item itu sudah di pahami, baru bisa melanjutkan ke yang lebih tinggi lagi. PLC merupakan system control Processor base (digital base). Jadi sebaiknya ilmu tentang digitalnya di pahami dulu.

Tanya – Aldie

Selamat pagi rekan migas

Mau tanya mengenai PLC n HMInya

Apakah HMI dr sebuah PLC bisa dibuat sedemikian rupa seperti kita membuat interface di VB yang mampu menampilkan tampilan berupa counting waktu (timer) dan juga bisa dihubungkan ke database baik Excel atau SQL Server? Kalau iya, jenis vendor mana yg mampu melakukan pekerjaan ini. Terima kasih atas bantuannya. Ataw kalo ada yg mau info langsung japri juga monggo…

Tanggapan 1 – priyo_a_s

Pak Aldie,

Seingat saya, saya pernah melakukan hal tersebut. Waktu itu dihubungkan ke excel.

Moga2 nggak dianggap promosi vendor, namun ketika itu saya melakukan menggunakan Intouch dan PLC-5 juga S7-300.

Yang perlu dipertimbangkan juga ialah software OPC-nya, biasanya kalo dari pembuat PLC ato HMI-nya bisa compatible.
Namun saya rasa, sekarang ini banyak juga kok PLC dan HMI yang bias melakukan seperti itu.

Tanggapan 2 – sunarto –

Ada yang bisa jelaskan System PLC dan juga saran-saranya untuk memulai belajar dari awal sampai Expert. terima kasih.

Tanggapan 3 – Heruyana Akbar

Dear Pa Sunarto,

Untuk mempelajari PLC, yang paling mudah bapak harus belajar dulu system digital. Lalu belajar bahasa pemograman plc yg paling dasar yaitu bahasa ledder diagram. Kalau dua item itu sudah di pahami, baru bisa melanjutkan ke yg lebih tinggi lagi.

PLC merupakan system control Processor base (digital base). Jd seperti saran sy ilmu tentang digitalnya di pahami dulu.

Tanggapan 4 – Yose Ma’ruf

Betul yang dikatakan pak Heruyana. Skalian juga sebelum ke PLC, latihan dengan menggunakan relay-relay.
Kalau domisili di Jakarta (dan ada kelebihan rezeki) bisa belajar di Festo Didactic, di jln. Sultan Iskandar Muda (arteri Pdk. Indah). Ada dua kelas, Basic dan Advance. Dulu saya pernah kursus disana, ternyata tidak hanya lsg ke PLC ada juga kelas dengan aplikasi relay-relay tersebut. Karena sudah dapat dari kampus, saya lsg lanjut ke PLC nya.
Mudah2an bisa membantu. CMIIW.

Tanggapan 5 – agus triono

Maaf ada no telp yang bisa di hubungi tidak di Festo Didactic.
terimaksih

Tanggapan 6 – adie ranupane

pak agus,

bapak bisa training juga di PT. jakarta process automation (JPA) no telpon bisa di 021 70791351

Tanggapan 7 – Muhuila Habib

Kalau posisi anda di JABODETABEK coba hubungi pak. Pardianto 08161318595, lokasi workshop belakang POLTEK UI Depok, banyak mahasiswa magang disitu. Bilang referensi dari saya Habib.

Sent from Industrial Water Wastewater Engineering P. 021 – 702911470 M. 0813 – 83174100

Tanggapan 8 – adie ranupane

Pak Nanang,

sebenarnya bapak bisa belajar sendiri juga melalui beberapa diskusi sebelum nya di milist tercinta ini

bapak bisa nge cek ke link http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=search&keywords=PLC&page=11

Tanggapan 9 – Ruri Anitasari

apakah ini yang dimaksud PLC = programmable logic controller?

Kalo iya, PLC ini sebenarnya sperti komputer saja, bisa kita perintah suka’ kita. Biasanya kalo untuk sebuah aplikasi, ya dilengkapi dengan i/o dan komunikasi Pak. as simple as that. Seberapa besar dan komplikated aplikasi yang bisa ditangani si PLC, ya tergantung kemampuan si PLC-nya. seperti hal-nya komputer, PLC bisa dimasukkan ke dalam jaringan, sehingga untuk beberapa proses yang saling berhubungan, data bisa di-share dari satu PLC ke PLC yang lain, begitu..

Belajar awal, mungkin baca manual dari PLC yang pengen Bapak pelajari :D.
Kalo saia, belajar dari basic instruction saja dulu, seperti coil , timer counter, dll. Bikin aplikasi’ yang gampang, seperti flipflop, lampu hotel, lampu merah, start stop, dll.

Tanggapan 10 – aan

Pak Sunarto,

Mungkin materi dari link di bawah ini bisa membantu Bapak dalam belajar

http://www.eod.gvsu.edu/~jackh/books/plcs/pdf/plcbook5_0.pdf

atau di

http://claymore.engineer.gvsu.edu/~jackh/books.html

terima kasih dan salam

Tanggapan 11 – taufik hidayah

Dear Pak,

System PLC mungkn sudah banyak penjelasannya d om Gugel,tinggal pemahaman dsar mengenai prinsip kerja2 relay/kontaktor saja..serta pemahaman gerbang2 logika..untuk coba2 software PLC cb aja search di gugel lagi,software2 free yg sangat membantu kita belajar PLC,seperti RSEMULATE punyanya AB.

Tanggapan 12 – Citra Marshal

Dear Pak,

Kalo dahulu pertama saya mencoba PLC adalah pada saat kuliah( sekarang juga msh ngelanjutin kuliah lagi siyh,,,hehe tapi freelance Control Engineer), belajar pertama mungkin kita belajar gerbang2 logika dulu, baru setelah itu penerapan dari gerbang2 tersebut misalnya menjadi timer, Start Stop, Counter, interlock. setelah mengerti itu baru coba bikin program simpel pak, bikin gerbang logika untuk kontrol lampu merah, water level control & program2 simple lainnya. Setelah sdh agak mahiran mungkin coba bikin kontrol analog sprti P, PI, PID. setelah sudah mahir lagi mungkin bisa mulai mencoba bikin program2 simple untuk proyek Oil & gas sederhana(tapi harus bisa baca P&ID & PFD dulu pak, n bisa bikin IO list, & mengetahui cause & effect dari sistem itu). control sederhana mungkin bikin open/close valve, bikin PID untuk valve analog trus bikin sistem cascade nya dan seterusnya. mungkin saran yang terakhir pak biar bisa langsung lancar pake PLC, beli PLC nya langsung, trus coba program deh + beli sedikit actuator/sensor untuk input/outputnya. Nah, Klo PLC nya sudah lancar coba pelajarin tentang HMI nya buat Monitoringnya biar lengkap deh (‘,).

Tanggapan 13 – Wahyudi

Pak Sunarto,

untuk start awal nya menurut saya lebih baik ikut training PLC. Sepengetahuan saya ada bbrp company yg bisa mengadakan training PLC.

omron indonesia

http://www.omron.co.id/training/main.asp

siemens indonesia

http://id.siemens.com/ProductsSolutionsServices/industry/Pages/industrycontact.aspx

rockwell automation indonesia

http://free.salesfuel.com/companies/PT-Rockwell-Automation-Indonesia-82723.html

Untuk manual plc siemens bisa dicoba download di

https://support.automation.siemens.com/WW/llisapi.dll?func=cslib.csinfo2&aktprim=99&lang=en