Metode laser alignment menggunakan metode rim and face, kalau dihitung secara manual hasilnyapun tidak jauh berbeda kalaupun berbeda biasanya penyebabnya adalah tingkat ketelitian dari dial indicator ataupun permasalahan kondisi coupling yang menyebabkan terjadinya penyimpangan pembacaan clock.

Tanya – Dwi Jaya F

Saya ingin bertanya kepada rekan2 yg berkecimpung di rotating equipment. Saat ini kami sedang belajar menggunakan laser shaft alignment utk mengalignment turbin, yg ingin saya tanyakan, metode dial-indicator mana yg menjadi basic dari perhitungan metode laser ini? Terus apa perbedaan antar metode reverse dg rim and face dial indicator dr segi analisa perhitungan dan poros yg diputar? Saya baca di internet perbedaannya ada di poros yg diputar (reverse diputar salah satu, rim n face diputar keduanya) tapi koq ada yg blg reverse bs diputar keduanya juga. Mohon pencerahannya. Kalo ada link download untuk handbook alignment-nya sekalian. Saat ini saya hanya bereferensi ke bukunya Keith Mobley, Maintenance Fundamental.

Tanggapan – Sigit kumoro bekti

Salam kenal Pak DJ,

Sepanjang yangs saya tahu, metode laser alignment menggunakan metode rim and face, so kalau dihitung secara manual hasilnya pun ga jauh berbeda kalau pun berbeda biasanya penyebabnya adalah tingkat ketelitian dari dial indicator ataupun permasalahan kondisi coupling yang menyebabkan terjadinya penyimpangan pembacaan clock.

Reverse dengan Rim-Face sepertinya tidak bisa dibandingkan satu sama lain disebabkan Rim-Face menghitung 2 reference yaitu radial dan axial sedangkan reverse menghitung salah satunya radial atau axial. penggunaan metode inipun diperuntukan pada jenis coupling yang berbeda pula misalnya pada coupling fix kita tidak bisa menggunakan metode reverse (radial atau axial) dimana yang seharusnya digunakan adalah rim-face. pada reverse metod biasanya digunakan untuk long spacer coupling (diasumsi sebagai flex coupling) pada jenis coupling ini kita pernah menggunakan axial reverse untuk gas turbine dimana panjang spacer shaft nya 2 m lebih.

Mungkin bisa membantu.