Aturan khusus masalah pengadaan kapal tidak ada karena pengadaan kapal itu sendiri bergantung pada kebutuhan suatu badan usaha itu sendiri. Untuk Pemilihan class itu semua bergantung pada kebutuhan owner sendiri karena itu juga termasuk masalah cost dan kebutuhan kapal itu sendiri. semisal kalau kapal itu hanya untuk pelayaran dalam negeri buat apa juga harus pakai class luar negeri tapi sebagai catatan juga biasanya class juga berhbgan dengan kemudahan kita untuk mengajukan asuransi juga nantinya. Kalau untuk kenapa galangan jarang ikut tender mungkin di karenakan banyak galangan engan berlama2 mengikuti proses yang terlalu lama dan banyak sekali aturan serta dokumen2 yang harus di tunjukan.

Tanya – Nasrul Syahruddin

Dear Pakar Perkapalan,

Untuk pengadaan kapal Newbuilding, apakah ada aturan khusus yang mengatur mengenai proses pengadaan-nya ?

Untuk Badan klasifikasi, apakah owner boleh memilih langsung Class yang diinginkan atau harus ditender ?

Demikian juga untuk Galangan yang akan membangun, mengapa kebanyakan Galangan enggan atau tidak berminat untuk ikut proses tender..? Beberapa galangan lebih memilih untuk menerima order langsung untuk membangun. Hal ini berarti project owner, harus melalui pihak ke-3/broker.

Jika ada info untuk Galangan yang biasa langsung/sering ikut tender pengadaan kapal, mohon diinfokan contact personnya.

Tanggapan 1 – ferry ferdiansyah

Mas Nasrul silahkan coba liat website ini:

http://nasdecindonesia.com

semoga bermanfaat

Tanggapan 2 – Iqbal Kurniawan

Mungkin saya bisa bantu mas, untuk badan klasifikasi, pemilihannya terserah user/owner. Jadi tinggal mereka tentuin aja, mau memakai klasifikasi apa.

Ada beberapa galangan yang berpendapat, klo mereka mengikuti tender, banyak kelengkapan dokumen yg berhubungan dgn yard (fasilitas, pengalaman, &data2 pendukung lain) perlu mereka siapkan.

Ini CP salah satu galangan yg biasa ikut tender mas :

1. Bpk Listyo – PT CAPUTRA MITRA SEJATI, (021)6343783 / 6343913 (mereka juga pernah buat 2 unit patrol boat punya BADAK LNG).

Tanggapan 3 – Surya Yuwardana

Dear Pak Nasrul,

Berikut sedikit jawaban mengenai pertanyaan Bapak:

Untuk pengadaan kapal Newbuilding, apakah ada aturan khusus yang mengatur mengenai proses pengadaan-nya ?

Sependek pengetahuan saya, tidak ada aturan khusus. Tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing dalam prosedur pengadaannya mengingat nilai dari kapal itu sendiri cukup besar.

Untuk Badan klasifikasi, apakah owner boleh memilih langsung Class yang diinginkan atau harus ditender ?

Owner sangat boleh sekali memilih Badan Klasifikasi baik itu BKI maupun IACS Member. Sependek pengalaman saya, malah biasanya Owner sudah menentukan dalam RKS nya.

Demikian juga untuk Galangan yang akan membangun, mengapa kebanyakan Galangan enggan atau tidak berminat untuk ikut proses tender..?

Minimnya peminat bisa saja disebabkan karena mereka tidak mendapatkan informasi mengenai pengumuman lelang tersebut. Atau bisa juga karena mungkin kasapitas dari galangan tersebut sudah full.

Beberapa galangan lebih memilih untuk menerima order langsung untuk membangun. Hal ini berarti project owner, harus melalui pihak ke-3/broker.

Menurut saya kok sama saja antara pelelangan atau order langsung. Enaknya jika order langsung, pihak owner dan galangan tidak perlu berlama-lama dalam proses tender sehingga dealing harga dan spesifikasi teknis bisa berlangsung cepat. Namun jeleknya karena hanya satu peserta, jadi si Owner tidak bisa memilih/mengadu harga untuk mendapatkan harga ‘terbaik’.

Jika melalui pelelangan, biasanya memakan waktu lama dalam masa tender, mulai dari awal sampai pengumuman pemenang. Namun baiknya dari sisi Owner, mereka bisa mendapatkan harga ‘terbaik’ karena adanya kompetisi.

Jika ada info untuk Galangan yang biasa langsung/sering ikut tender pengadaan kapal, mohon diinfokan contact personnya.

Boleh japri ke saya Pak:)

Tanggapan 4 – Nasrul Hidayat

Dear Pak Nasrul

Kalau untuk aturan khusus masalah pengadaan kapal saya rasa tidak ada pak karena pengadaan kapal itu sendiri bergantung pada kebutuhan suatu badan usaha itu sendiri.
Untuk Pemilihan class itu semua bergantung pada kebutuhan owner sendiri karena itu juga termasuk masalah cost dan kebutuhan kapal itu sendiri. semisal kalau kapal itu hanya untuk pelayaran dalam negeri buat apa juga harus pakai class luar negeri tapi sebagai catatan juga biasanya class juga berhbgan dengan kemudahan kita untuk mengajukan asuransi juga nantinya.
Kalau untuk knpa galangan jarang ikut tendr mungkin di karenakan banyak galangan engan berlama2 mengikuti proses yang terlalu lama dan banyak sekali aturan serta dokumen2 yang harus di tunjukan. mungkin itu saja yang saya tahu semoga bermanfaat.
Dan kalau pun bapak mau memeberikan info boleh Via japri ke email saya.

Tanggapan 5 – dhiki ramadhani

Dear pak Nasrul,

Saya hanya mencoba membantu menjawab pertanyaan bapak.Mohon rekan2 lainnya
dpt mengkoreksi bila terdapat kesalahan..

1. Aturan khusus pengadaan kapal memang tidak ada tetapi kalau untuk aturan
pengadaan barang / jasa pemerintah diatur dlm perpres No.54 tahun 2010 tentang
pengadaan barang/jasa pemerintah

2. Hal pemilihan class dan keikutsetaan galangan dalam tender,saya setuju dgn
bpk nasrul hidayat.

Bila bpk ingin berbagi lebih lanjut silahkan via japri ke email saya.