Chevron Neftegaz melaporkan bahwa Caspian Pipeline Consortium (CPC) telah memulai tahap konstruksi dari ekspansi pipeline Caspian senilai 5.4 milyar dolar.

Penulis : Eric Watkins

Chevron Neftegaz melaporkan bahwa Caspian Pipeline Consortium (CPC) telah memulai tahap konstruksi dari ekspansi pipeline Caspian senilai 5.4 milyar dolar.

“CPC adalah sebuah model kerjasama antara Rusia dan Kazakhtan dan indikasi dari rasa percaya diri yang kami miliki di Rusia dan di transportasi minyak dari wilayah Caspian, kata Presiden Neftegaz, Andrew McGrahan.

Kapasitas dari 1,500-km pipeline, yang membawa minyak dari bagian barat Kazakhtan untuk terminal yang didedikasikan di Black Sea, akan bertambah 1.4 juta b/d dari kapasitasnya 730,000 b/d saat ini.

Chevron, yang menyediakan service management project untuk project, mengatakan ekspansi akan terdiri dari refurbishment dari 5 pump station yang ada, dan 10 pumping station baru.

Ekspansi akan juga melihat replacement dari seksi 88-km dari line, enam storage tank, dan tambahan point mooring offshore ketiga di terminal Black Sea, 10 km bagian utara dari pelabuhan Black Sea Novorossiysk Rusia.

Ekspansi, yang akan dilaksanakan dalam tiga tahap dengan kapasitas yang meningkat lebih maju dari 2012-15, akan membantu CPC memperoleh keuntungan dari ekspansi di lahan minyak Tengiz, Kazakhtan, yang memiliki cadangan recoverable yang diperkirakan 6-9 milyar bbl.

Anuarbek Dzhakiyev, deputy general director dari joint venture Tengizchevroil yang mengoperasikan lahan, bulan lalu mengatakan perusahaan akan menginvestasikan sampai 20 milyar dolar lebih dari 5 tahun mendatang dengan ramp up produksi sampai 36 juta ton minyak setahun.

Ditambahkan pula CPC, menyerahkan kontrak konstruksi utama pada bulan Mei, line yang diperpanjang juga akan mentransport minyak dari lahan Kazakh dan Rusia lainnya.

Sumber: www.ogj.com