Ada beberapa hal yg harus diperhatikan untuk menentukan crane tersebut;
1. Tinggi maksimum benda saat diangkat, sdah jelas min. 36m! Clearance headroom biasanya 5m (tergantung crane). Jadi jarak top boom ke tanah bisa diketahui; 2. Obstruction, memastikan apakah ada structure atau benda lain yg mungkin menghalangi jalannya beban? (ini jg menentukan panjang boom); 3. Radius yg paling memungkinkan berapa? Dari 3 data tersebut, kalau di kalkulasikan dg rumus phytagoras akan ketemu panjang boom yg pas dan safe.

Tanya – Antoni Ginting

Dear pakar Alat berat

Kita mau angkat internal part dari vessel dengan panjang 16 meter dan berat sekitar 3 ton dengan elevasi top Man Hole 20 meter. Untuk pekerjaan tersebut kira-kira crane berapa ton yang dibutuhkan ?

Tanggapan 1 – Hari Subono

Saya bukan pakar alat berat namun kurang lebih kondisi pekerjaan saya seperti itu.
Paling tidak dibutuhkan crane 150 ton.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Arief – el amaviscas

Dear P’Ginting

Secara umum sih, hal yg perlu diperhatikan;

1. dimensi benda yg diangkat (p,l,t)

2. dimensi crane (radius terluar thd center) dan load chartnya

3. tempat benda tsb berada (tanah, atau berlumpur, atau bgmn)—safety factor akan berbeda

kombinasi panjang benda dan radius terluar crane akan berhubungan dengan radius lifting crane

kombinasi radius terluar crane dan tinggi benda akan berhubungan dengan angle boom–nanti korelasi dengan radius lifting dan boom length di load chart

demikian

Tanggapan 3 – Sugeng Hariyadi

Mas Toni,

Kalau melihat tonase yang anda sebutkan, itu cukup pakai telecopic crane 20T atau 25T. Sepertinya di daerah bontang untuk ketersediaan crane minimal adalah 20 ~ 25T. Saya sarankan anda lihat di load chart crane tersebut. Dengan jarak aman listing 9 – 12 M radius, berapa dia mampu angkat, Untuk mencari panjang boom yang cukup bisa dipakai rumus pitagoras saja. Jangan lupa, Crane data dimasukkan dalam perhitungan, Ringging data juga harus dimasukkan, ringging load juga harus dimasukkan dalam perhitungan termasuk sling. Jadi dari data tersebut berapa efficiency crane mampu angkat dari radius yang diinginkan. Max. Efficiency crane lifting 80% dari SWL. Kecuali crane buka bungkus 90% masih diisyaratkan dalam case tertentu. Tambahkan dalam perhitungan SF (DAF) = 1.1% dan CF untuk onshore 0.3%.

Moga bisa membantu.

Tanggapan 4 – Firman Bhaktiwinaya

Berarti bapak minimalnya memakai crane yg mempunyai boom length sekitar 40 meter. Dan tergantung operating range yang mau bapa pakai…karena operating range berbandi terbalik dengan capasitas pengangkatan…sebaiknya bapak baca load chart dari crane yg bapak punya. Didata yang saya punya untuk crawler crane mulai dari 50 T sudah bisa di pergunakan.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut :