Rumus untuk mendesain pondasi genset : FD = W/(DxLxB) dimana : FD = Foundation depth (m), W = Total wet weight of generator set (kg), D = density of concrete kg/m3, B = Foundation widith (m), L = Foundation Length (m), dengan asumsi perbandingan campuran concretenya 1:2:3 (semen : pasir : batu kerikil). CMIIW. Untuk dimensi L dan B biasanya diambil 0.305m dari base frame gensetnya, untuk genset yang menggunakan Vibration isolator berat gensetnya cukup diambil 100% dari berat sebenarnya. dan untuk yang tidak menggunakan Vibration Isolator maka berat genset diambil 125% dari berat sebenarnya.

Tanya – darmansyah@palyja

Saya mohon pencerahannya untuk penentuan standar pondasi untuk genset.
Kebetulan di tempat saya akan diinstall genset dengan kapasitas 765 KVA dan 16 KVA. Data yang bisa saya berikan adalah berat genset 765 KVA = 4000 Kg dan genset 16 Kva = 900 kg.

Menurut literatur untuk pondasi pompa/kompressor, berat pondasi minimal adalah 3 kali berat pompa/kompressor. Apakah hal ini bisa dijadikan acuan juga untuk genset, mengingat pompa/kompressor/genset adalah equipment yg menghasilkan getaran?

Terima Kasih

Tanggapan 1 – Marthin Budi Dharma, ST

Pak Darmansyah, saya pernah kenal ada yang ahli dalam Pondasi untuk Mesin yang mempunyai getaran yang tinggi. Bapak bisa kontak ke Pak Manahan Tobing di 081315697648 atau 021-8612431. Mudah-mudahan nomornya masih itu dan beliau belum pensiun. Di coba aja Pak, terakhir saya dengar beliau pernah memperbaiki pondasi yang retak dari Mesin-mesin di Krakatau Steel, yang getarannya cukup lumayan.

Tanggapan 2 – amil sandy

Pak Darmansyah,

Biasanya kami menggunakan rumus ini untuk mendesain pondasi genset :

FD = W/(DxLxB)

dimana :

FD = Foundation depth (m)

W = Total wet weight of generator set (kg)

D = density of concrete kg/m3

B = Foundation widith (m)

L = Foundation Length (m)

dengan asumsi perbandingan campuran concretenya 1:2:3 (semen : pasir : batu kerikil) ..CMIIW

Untuk dimensi L dan B biasanya diambil 0.305m dari base frame gensetnya, untuk genset yang menggunakan Vibration isolator berat gensetnya cukup diambil 100% dari berat sebenarnya. dan untuk yang tidak menggunakan Vibration Isolator maka berat genset diambil 125% dari berat sebenarnya.
Semoga membantu.

Tanggapan 3 – rafael andaka

Pak Darmansyah, saya pernah menangani struktur pondasi yang demikian yang digunakan untuk kompresor, yang perlu diperhatikan adalah massa, kekakuan dan redaman, juga perlu dilihat bahwa perbedaan titik berat pondasi < 5%, karena akan berpengaruh pada hasil displacement (amplitudo) yang akan dihasilkan disemua arah, (vertikal, horisontal, rocking dan yawing), untuk lebih jelasnya anda dapat melihat literatur buku yang ditulis oleh prakash & arya, yg judulnya machine foundation, mungkin juga anda perlu bertanya ke temen2 di T.mesin yang sering beruhubungan dengan masalah getaran.