Perbandingan antara sketch ERW dan arc welding untuk HIC sepatutnya tidak jauh berbeda. Untuk arc welding dilakukan secara perpendicular karena kalau parallel agak susah sebab dengan besarnya daerah weldment serta HAZ serta yang dekat dengannya adalah sangat besar maka perpendicular perlu dilakukan. Sedangkan ERW karena disini hampir tidak bias dibedakan antara “HAZ dan weldment” karena ini pakai resistance current maka jarak ini sangat arbitrary (susah dilihat). Tapi yang pasti disini akan sangat bahayab dengan adanya hoop stress dari pipa ketika service. Anda tidak perlu mengulang test asalkan face yang dilakukan test arahnya betul dan anda punya beberapa sampel yanmg diambil dari area yang berdekatan atau bersandingan untuk memperlihat akan efek oleh rolling plate karena dimana ini membentuk texture yang kuat waktu manufacturing. Jadi tidak ada masalah, yang penting face-nya sama dan cukup banyak test specimen yang dibuat untuk HIC ini yang diambil dari daerah yang berdekatan.

Tanya – Fauzan Akbary, S.T.

Dear All,

Saya melakukan Pengujian HIC untuk ERW Pipeline. Jika pengujian dilakukan pada welded pipe (SAW) maka bagian lasan yang diuji (mengacu pada NACE TM0284) adalah ‘…perpendicular to weld area..’
nah untuk pengujian ERW pipe ini, ada ide untuk mengambil spesimen dengan orientasi yang sama seperti pada SAW pipe. Menurut saya hal ini tidak mengacu pada NACE TM0284 yang menganjurkan untuk ERW pipe diambil ‘..parallel to welding area..’ .

Yang ingin saya tanyakan, apakah ada perbedaan mendasar dari pengambilan spesimen ERW Pipe untuk Uji HIC ini jika dilakukan dengan metode yang berbeda tersebut?

Tanggapan 1 – Faisal Reza

wah ini juga menarik tapi saya lupa…sudah lama sih….

nanti saya coba lihatnya….sebab selalunya kalau utk test kita hanya follow standard ‘blindly’

tapi selain itu saya mau tanya dulu ….ini utk pungujian HIC khan?? (seingat saya lho ya memang betul utk ERW pipe adalah parallel to the weld..asli ini agak2 lupa2 gitu)

apakah anda gunakan ini utk sour service….yg juga perlu dilakukan uji SSC ….

hanya sekedar komentar bhw kita disini (utk statoil) masih belum berani pakai ERW utk Sour service….

tapi nanti akan saya lihatnya secara lebih dalam.

Tanggapan 2 – Fauzan Akbary, S.T.

Iya bung, ini emang pipanya sih untuk sour service…dan emang diuji SSC juga sih. Nah memang menurut standard harusnya pararel to weld..tapi spesimen HIC yang dikirim malah perpendicular to weld. Dan itu sebenarnya juga model untuk pengujian SSC….saya ga tau bagaimana ide dari klien yang mengirimkan spesimen.
Tapi saya lagi mencoba mencari pengaruh dari perbedaan ini… kalo ada info mohon dikabari ya, makasih.

Tanggapan 3 – Faisal Reza

ok pengaruh kita cari nanti mas tapi saya sendiri ‘tidak tahu’ kenapa begitu beda dgn SMAW…itu pertanyaan yg bagus tapi menarik…

tapi kalau ini deal dgn test…sebaiknya kita ikuti dulu saja standar yg ada…karena ini menyangkut test….

tapi saya akan coba merenung…lihat skecth test dan specimen dulu lagi utk melihat kenapa kok bedha dgn SMAW….

Tanggapan 4 – Faisal Reza

sori maksudnya kenapa beda dgn SAW? bukan SMAW.

Tanggapan 5 – Faisal Reza

saya baru lihat2 lagi ini perbandingan antara sketch ERW dan arc welding utk HIC.

saya kira sepatutnya tidak jauh berbeda….utk arc welding dilakukan secara perpendicular karena saya kira kalau parallel agak susah sebab dgn besarnya daerah weldment serta HAZ serta yg dekat dengannya adalah sangat besar…maka perpendicular perlu dilakukan…

Sdgkan ERW karena disini hampir tidak bisa dibedakan antara ‘HAZ dan weldment’ karena ini pakai resistance current maka jarak ini sangat arbitrary (susah dilihat) tapi yg pasti disini akan sangat bahaya dgn adanya hoop stress dari pipa waktu service….

Saya kira bhw saya bisa sampaikan anda tidak perlu mengulang test asalkan face yg dilakukan test arahnya betul…..dan anda punya beberapa sampel yg diambil dari area yg berdekatan atau bersandingan utk memperlihat akan efek oleh rolling plate karena dimana ini membentuk texture yg kuat waktu manufakturing….

jadi saya kira tidak ada masalah mas…..yg penting face nya sama dan cukup banyak test specimen yg dibuat utk HIC ini yg diambil dari daerah yg berdekatan…

ok itu saja….tapi sekali lagi ini seharusnya tidak dibuat sebagai habit karena saya kira menurut aturan (standard) utk test harus dilakukan….agar tidak ada masalah dikemudian hari….

saran saya tidak perlu dilakukan test lagi tapi ini terserah anda kalau dikira tidak akan membuat masalah dikemudian hari (ttg masalah non-teknis) dgn client dsb….tapi kalau ini dikira akan membuat masalah…sebaiknnya mgkin perlu di test ulang…tapi bagi saya efek teknisnya tidak terlalu significant atau bhkan sangat kecil….

Tanggapan 6 – Faisal Reza

saya tambahi lagi tapi tidak terlalu berbeda dgn yg saya sebutkan sblmnya.

saya kira kalau arc welding heat sink nya ke arah perpendicular yaitu ke arah HAZ dan ini menyebabkan tensile stress jadi test specimennya juga diambil pada arah ini….selain test nya nggak akan cukup utk mempresentasikan HAZ dan sebelah2nya kalau ini diambil parallel…

lagi kalau ERW..arah stress hampil kecil ke arah perpendicular tapi lurus sesuai arah ‘weldment’ dan localised ke sana…makanya ini beberapa operator masih hesitant pakai ini utk sour service…

saya kira sekali lagi tidak ada masalah dari keteknisan kalau anda sudah ambil perpendicular….sekali lagi asalkan cukup banyak sampel yg diambil serta dari daerah yg berdampingan…..utk mempresentasikan HIC effect pada test ke arah ERW nya.