Ada beberapa bearing dengan kode sama namun ada embel-embel huruf lagi di belakangnya misalnya M. Simbol-simbol tersebut berhubungan dengan cara pemasangannya misalnya saja harus dilakukan pemanasan terhadap bearing sebelum dipasangkan dengan shaftnya dan lainnya.

Tanya – Yuli Suprianto

Saya menemui case mengenai bearing UCT 213, dengan kode yang sama tapi saat akan dipasang dengan shaft konveyor bearing yang baru ternyata ukurannya lebih kecil 1 mm di banding dengan bearing yg lama.
Informasi : Bearing tersebut memiliki kode yang sama akan tetapi berbeda branch fabrikasi bearing tersebut apakah ada perbedaan mengenai branch fabrikasi dan perbedaan ukuran inner dalam bearing tersebut. Mohon infonya.

Tanggapan 1 – Hari Subono

Seingat saya – dulu ketika saya masih berhubungan dengan bearing, ada beberapa bearing dengan kode sama namun ada embel-embel huruf lagi di belakangnya misalnya M. Seingat saya simbol-simbol tersebut berhubungan dengan cara pemasangannya misalnya saja harus dilakukan pemanasan terhadap bearing sebelum dipasangkan dengan shaftnya dan lainnya.
Semoga memang benar seperti ini.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Yuli Suprianto

Dear Pak Hari

Iya pak kita samakan kode belakang maupun depan untuk bearing UCP tersebut tapi ada selisih perbedaan kurang lebih 1 mm dari diameter inner bearing baru dengan bearing yang lama pak.

Tanggapan 3 – Pharjono

Mas Yuli,

Seharusnya tidak kalau memang bearing tersebut sudah mengacu ke ISO, baik itu SKF, FAG, TIMKEN, TORRINGTON, KOYO, NTN, CBC, NSK dan lainnya…tapi kalau UCT setau saya buatan cina yaa…..???

Tanggapan 4 – Yuli Suprianto

Bener tuh mas Jono.

Made in Cina

Nah itu setau saya pun seperti itu, kita sebagai user untuk bearing hanya kode dari No bearing tersebut.

Tanggapan 5 – Pharjono

Mas Yuli

Kalau gitu kenapa tidak ganti ke bearing standard saja …, SKF, TIMKEN FAG atau lainnya…?

Tanggapan 6 – Ahyan/a.sofyan1977

Mas Yuli,

ya…saya dl sering pake FAG ama SKF di sealnya itu ada code titik 3x yg menandakan high temp…kalo gk salah ya…betul gk mas Jono..saya agak lupa lg..

Tanggapan 7 – Yuli Suprianto

Jadi begitu ya, Planning saya juga seperti itu PaK Jono Bukannya Bearing yang mengikuti shaft, tetapi shaft yang mengikuti bearing.
Dan mengenai massalah ada kode titik 3x di seal nya wah saya baru dengar untuk info tersebut. Mohon informasinya lebih lanjut agar saya lebih memahami mengenai kode titik tersebut.

Tanggapan 8 – pharjono

Mas Ahyan,

Saya tidak begitu familiar dengan FAG, mesti lihat FAG katalognya dulu….. kalau SKF, suffix untuk bearing dengan grease utk high temperatur adalah GHJ, HT atau dengan grease polyurea thickener GJN/GXN..

Tanggapan 9 – didik setyohadi

Mungkin bisa dicek dulu pak bearingmya termasuk yg ukuran mm atau inch.
Kalau UCT213 yg mm diameternya 65mm. Untuk UCT 213 yg inch diameternya 2½ inch atau = 63.5 mm. Kalau dihitung selisihnya 1.5 mm (kurang lebih seperti yg dikeluhkan tadi).

Tanggapan 10 – pharjono

Mas Didik,

Wah…mengerikan juga kalau bearing tipe sama, pabrikan sama bisa berbeda …Kalau saya, akan saya masukkan kotak recycle bin dan permanent delete….bearing seperti itu…

Tanggapan 11 – Yuli Suprianto

Iya pak , tapi seperti apa dan bagaimana membedakan tipe bearing inch dan mm apakah kita harus mengukur satu persatu bearing tersebut, kan repot mohon infonya mengenai hal tersebut, apakah ada kode tipe bearing yang berbeda yang memakai satuan inchi atau mm.

Tanggapan 12 – raharj77

Paks,

Mungkin yg perlu diklarifikasi, pengkodean untuk size metrik atau imperial tercantumnya dimana ya? Harusnya kalau 13 berarti jelas innernya 65mm.

Tanggapan 13 – didik setyohadi

Saya lampirkan size untuk metrik & imperial untuk UCT213 ini saya ambil dari katalog merek FYH. disitu untuk size metrik kodenya UCT213 sedangkan untuk imperial kodenya UCT213-40 saya tidak tahu juga apakah di barang aslinya kode 40 itu wujudnya seperti apa.