Dalam katalog valve baik yang baru maupun sudah terpasang biasanya memang tidak akan ditemukan informasi torque value. Hal ini semata dikarenakan untuk valve size dan class yang sama bisa saja torque value (yang akan diterapkan) berbeda-beda tergantung dari proses dan aplikasinya. Namun ada beberapa OEM yang men-stated torque value di data sheet. Di beberapa end user yang baik dokumentasinya, mudah2an bapak bisa mendapatkan data sheet tersebut. Spesifik torque value, saya asumsikan bahwa bapak sedang membicarakan rotary valve (ball valve dan atau butterfly valve). Untuk Butterfly valve torque value kritikal biasanya dibutuhkan antara 0-30 derajat opening. Karena general understanding adalah ketika Butterfly valve sudah lewat 30derajat bisa diasumsikan torque value 30-90 derajat adalah sama.

Tanya – djoko_star

Dear Milister

Mohon pencerahan dari para senior milis migas, bagaimana cara perhitungan torque valve karena tidak semua catalog valve menyebutkan torque? Komponen apa saja yang mempengaruhi perhitungannya? Ini saya perlukan apabila akan me-replance actuator tetapi informasi besarnya torque tidak diketemukan dalam catalog valve existing terpasang atau valve baru yang juga tidak ada informasi torque.

Atas pencerahan dari para senior saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Muktiadi Rahardjo

Dear Pak Djoko,

Dalam katalog valve baik yang baru maupun sudah terpasang biasanya memang tidak akan ditemukan informasi torque value. Hal ini semata dikarenakan untuk valve size dan class yang sama bisa saja torque value (yang akan diterapkan) berbeda-beda tergantung dari proses dan aplikasinya.
Namun ada beberapa OEM yang men-stated torque value di data sheet. Di beberapa end user yang baik dokumentasinya, mudah2an bapak bisa mendapatkan data sheet tersebut.
Spesifik torque value, saya asumsikan bahwa bapak sedang membicarakan rotary valve (ball valve dan atau butterfly valve). Untuk Butterfly valve torque value kritikal biasanya dibutuhkan antara 0-30 derajat opening. Karena general understanding adalah ketika Butterfly valve sudah lewat 30derajat bisa diasumsikan torque value 30-90 derajat adalah sama. Note: BV yang saya maksud disini adalah yang hanya bergerak 90 derajat.

Untuk Ball valve, kalau secara sederhana, bila posisi bapak sebagai end user atau pihak yang akan membeli valve, biasanya bapak cukup memberikan informasi ke OEM berupa Size, Class, tipe shut off (untuk control valve), trunnion/floating, Differential pressure, range material trim (ball, dkk) yang hendak dipakai –> menentukan berat ball, serta tujuan aplikasinya (HIPPS, ESDV, SDV, BDV, dll). Karena di samping torque value, aplikasi tertentu turut menentukan time opening dan atau closing (emergency) yang biasanya sangat singkat (under 3 seconds). Jadi banyak faktor yang menentukan besar torque value, beberapa di antaranya seperti saya sebutkan di atas.
Adapun perhitungan troque value yang sangat mendetail menjadi hak prerogatif OEM karena masing-masing dari mereka sudah memiliki baku Valve sizing software. Inipun dengan asumsi bahwa valve dan aktuator akan dibeli dari OEM yang sama (kondisi baru).

Untuk bahan pembelajaran, bapak pun bisa menghitung sendiri menggunakan rumus-rumus yang ada di Valve sizing and selection handbook yang sudah banyak beredar di beberapa digital library, seperti Emerson, dll.

Kalau kasusnya adalah bapak mau meng-interchangable aktuator lain menggantikan aktuator yang existing, secara sederhana bisa digunakan rumus Mekanika Teknik dan atau Mekflu. Sehingga didapat asumsi Torque value yang diderita Ball valve tersebut pada saat ini (dengan safety factor tentu saja). Saya rasa banyak teman-teman yang master di soalan hitung-menghitung seperti ini. Kalau tidak ada waktu menghitung banyak juga kawan-kawan yang merentalkan torque tester unit.

Please kindly note bahwa asumsi nya adalah kondisi Ball dan atau Butterfly valve dalam keadaan sempurna (tidak rusak disc,ball serta seatnya), karena pengalaman saya bila seat atau ball nya deep scratch, bila kita mengaplikasikan torque tester, scratchnya akan bertambah parah atau malah valve nya tambah stuck dan harus dibongkar.

Semoga membantu,