Prinsip holiday test mengalirkan arus atau energi listrik pada pipa yg telah di coating baik baru atau lama dengan mengunakan alat holiday detector, dimana alat tersebut akan berbunyi atau memberi sinyal apabila ada diskontinuity pada coating ( baik baru atau lama ) untuk coating baru biasanya berupa bubble atau porositas . untuk coating yang lama bisasnya disbonded antara coating dengan logamnya.

Tanya – Fauzan Akbary, S.T.

Dear All,

Saya mau tanya tentang penggunaan Holiday Test pada Pipeline. Beberapa hari lalu saya melakukan proteksi katodik sacrificial anode dan sebelumnya pipeline tersebut dilakukan Holiday Test pada Joint Lasanya (girth weld). Kondisi pipeline tersebut sudah dicoating baik pada lasan maupun pada pipelinenya…

Pertanyaan saya :

Efektifkah Holiday test pada kondisi pipeline yang sudah di coating?

Apakah efektif pula jika sebenarnya lasa tersebut sudah dilakukan radiografi (RT) ?
bagaimana bentuk report resmi dari holiday test? berdasarkan standard mana test ini dilakukan?

Mohon informasinya, saya penasaran dengan Holiday Test ini. Saya cari2 di google dan hanya mengetahui prinsipnya saja..itupun hanya sekilas.

Tanggapan 1 – Antoni Ginting

HT dilakukan hanya utk mengetahui apakah coating menutupi semua permukaan alias tidak ada pin hole yg dpt menyebabkan kebocoran dari fluida ke metal.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Praditya Wira S

Mas Fauzan, dari yg pernah saya lakukan tujuan holiday test memang utk mengetahui apakah ada bagian dari pipeline yang belum terbungkus wrapping (lapisan coating) & tidak ada hubungan langsung dengan sambungan las yg sudah di radiografi. Utk referensi coba dibuka ASTM G62 aja mas.

Tanggapan 3 – leryflounder

Mas Fauzan ,

Prinsip holiday test mengalirkan arus atau energi listrik pada pipa yg telah di coating baik baru atau lama dengan mengunakan alat holiday detector, dimana alat tersebut akan berbunyi atau memberi sinyal apabila ada diskontinuity pada coating ( baik baru atau lama ) untuk coating baru biasanya berupa bubble atau porositas . untuk coating yang lama bisasnya disbonded antara coating dengan logamnya.
Untuk aplikasinya merefer ke NACE RP XXXX, saya lupa no mer berapa , disitu diterangkan untuk aplikasi berapa KV voltase yang di aplikasikan untuk ketebalan coating tertentu .
Holiday tes dilakukan pada pipeline yg sudah di coating tujuanya adalah unutk maintain dari coating tersebut bila ada yg rusak maka akan dilakukan perbaikan pada coating yg rusak tersebut, sedangkan tujuan dari RT adalah untuk mengetaui soundness dari hasil lasan jadi tidak ada korelasi dengan coating :).

Tanggapan 4 – Rasidin Ginting

Dear Mas Fauzan,

Sekedar menambahkan Info dari Pak Hadi, mengingat pada las-lasan ada reinforcement yang mana permukaannya tidak rata seperti permukaan Pipa, maka untuk memastikan Painting/Coating pada las-lasan tersebut sudah sempurna maka dilakukan Holiday test tersebut,

Hal ini sering dilaksanakan mengingat proses Blasting dan Painting pada las-lasan sering ditemukan discontinuity painting/coating yang dikategorikan Cacat pada Painting dan harus direpair.

Hubungan antara RT dengan Holiday Test hanyalah sama-sama merupakan pengujian, Kalau RT untuk Weldingnya sementara Holiday test untuk Paintingnya.

Tanggapan 5 – Fauzan Akbary, S.T.

Ohh oke mas, terima kasih atas informasinya. Saya mau tanya lagi, kan untuk melakukan tes itu ada bagian kabel yang tersambung dengan probe dan ada yang tersambung ke Ground…kemaren itu saya lihat mereka menyambungkan ground ke bagian pipa yang belum dicoating sehingga ada aliran arus listrik. Jika pipeline yang sangat panjang dan sudah dicoating semua, bagaimana posisi ground itu?

Tanggapan 6 – Faisal Reza

Mas coba lihat G62 – 07

Holiday adalah bhs (US) english mas….bhs british english nya adalah porosity….

Ini utk mengetes coating integrity dibagian mana saja…utk konsepnya sudah dijelaskan oleh beberapa rekan di email2 sblmnya.

Tanggapan 7 – Ferdian Tegar P

Pengalaman yang pernah saya kerjakan sebelumnya untuk kasus grounding pada pipeline yang sudah terlapisi coating hampir semua luasan.
Posisi grounding langsung di taruh di tanah. namun kondisi ini cukup mebahayakan sehingga di butuhkan pengawasan dari pihak SHE.

Semoga dapat membantu.

Tanggapan 8 – Rusmanto

Sekedar melengkapi info Pak Hadi,

Untuk besaran voltase yang dibutuhkan untuk holiday test bisa digunakan rumus 7900 x SQRT (t), dimana t adalah tebal rata-rata wrapping dalam mm. Kalo memakai mils maka rumusnya menjadi 1250 x SQRT (T).