Lapangan kami memiliki Tanki Penyimpanan yang telah dioperasikan sejak tahun 1976. Sealing sistem-nya hanya satu (primary) menggunakan mechanical shoe dan pantograf.
Kami memiliki temuan kondisi dimana ‘sealing’ sistemnya tidak rapat (ada celah dengan shell). Salah satu dugaannya adalah karena pantograf yang tidak berfungsi dengan baik. Saat ini, dalam window inspeksi tanki, kami bermaksud memeriksa kinerja pantograf tersebut. Apakah ada yang punya pengalaman bagaimana metode untuk memeriksa kinerja pantograf di dalam sebuah tanki penyimpanan?

Tanya – Johanes Anton Witono

Salam Migas,

Lapangan kami memiliki Tanki Penyimpanan yang telah dioperasikan sejak tahun 1976. Sealing sistem-nya hanya satu (primary) menggunakan mechanical shoe dan pantograf.
Kami memiliki temuan kondisi dimana ‘sealing’ sistemnya tidak rapat (ada celah dengan shell). Salah satu dugaannya adalah karena pantograf yang tidak berfungsi dengan baik.

Saat ini, dalam window inspeksi tanki, kami bermaksud memeriksa kinerja pantograf tersebut. Apakah ada yang punya pengalaman bagaimana metode untuk memeriksa kinerja pantograf di dalam sebuah tanki penyimpanan?

Tanggapan 1 – Zulkifli Taher

Penyebabnya bisa berbagai macam seperti:

a. Pantograph tidak berfungsi dengan baik (localized).

b. Defleksi pada shell plate (hal ini bisa terjadi bila terjadi setlement di fondasi).

Karena tangkinya sudah lama beroperasi dan kelihatanya belum pernah diinspeksi, maka ada baiknya dilakukan inspeksi total (thorough inspection) internal dan eksternal.

Tanggapan 2 – leryflounder

Pak Anton,

Sepengetahuan saya selama ini tangki timbun yang di jumpai umumnya kontruksinya welded dan bolting.

Untuk yg menggunakan sealing digunakan untuk bolting type dengan mengunakan ruber sebagai sealing nya. Sekalian nanya juga kira kira pamtograf ini seperti apa atau bahan jenis apa ? apakah tipe tanknya bolting ?

Tanggapan 3 – teguhm_purnawan

Pak Johanes,

Kebetulan ditempat kami juga pernah ada major maintenance floating roof tanki, dan sederhananya kami menguji pantograph dengan mencoba menggerakkan arm counterweight ke arah dalam (menuju center tanki). Kalau masih bagus, pasti arm dan counterweight kembali ke posisi semula akibat berat counterweight, menekan shoe merapat kearah shell dan menutup rim space dengan baik.

Kalau dari sisi pantographnya, kemungkinan penyebab pantograph tidak berfungsi baik karena ada gesekan berlebih pada pin2 nya atau gesekan antara arm/channel pantograph ke dinding roof. Tapi tetap ada kemungkinan pengaruh deformasi shell juga seperti advice pak Zulkifli.

Tanggapan 4 – Johanes Anton Witono

Pak Zulkifli/ Pak Hadi/ Pak Teguh,

Terima kasih atas informasinya.

Saat ini kami memang sedang melakukan inspeksi menyeluruh untuk Tanki kami yang memiliki floating roof. Analisa settlement, roundness, dll sesuai API 653 juga sedang dilakukan. Hanya saja saya tidak menemukan petunjuk dalam code cara memeriksa atau kriteria acceptance untuk kinerja pantograf (terutama untuk Tanki yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun.

Dan apabila ditemukan gangguan/ kerusakan pada pantograf, apakah bisa diganti/ diperbaiki mengingat celah yang sempit?

Tanggapan 5 – Kautsar

Selain API 653, Bisa di cari di
(Engineering Equipment & Material User Association) EEMUA 159 Vol 1 &
2..’Users’s Guide to The Inspection Maintenance and Repair of Aboveground Vertical Cylindrical Storage Tank’.

Link downloadnya di: www.egpet.net