Pemasangan seawater filter, apalagi kekecilan mesh nya, kemungkinan malah akan membebani group maintenance yang bolak balik melakukan periodic cleaning. Yang paling tepat adalah dengan pemberian dosis antifouling yang tepat, kebesaran pipa relatif bersih tidak ada karangnya, tapi bagaimanapun antifoiling agent itu toxic, kekecilan pipanya cepet bumpet. Kalau kondisi memungkinkan anda bisa ambil dari kedalaman yang cukup dalam, say -60 ft tapi kalau plant anda di pinggir pantai yang terbaik kerja sama dengan chemical suplier anda. Kalau kebetulan ada fund nya dan plant anda di pinggir laut. Alternatif lain, cooling waternya jangan once through. Di alirkan ke tambak tambak biar dingin dengan memenfaatkan natural evaporation, kemudian di recycle lagi plus make up. Jadi kebutuhan chemicals nya jauh berkurang.

Tanya – indras1410

Rekan sekalian,

Mohon informasinya mengenai cara pencegahan / mengurangi pertumbuhan karang laut dalam pipe line untuk sea water cooling line.
Apakah bisa dilakukan dengan menggunakan seawater filter yg kita tambahkan dengan chemical injection??

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Pak Indra,

Pemasangan seawater filter, apalagi kekecilan mesh nya. mungkin malah akan membebani group maintenance yang bolak balik melakukan periodic cleaning.

Saya rasa yang paling tepat adalah dengan pemberian dosis antifouling yang tepat, kebesaran pipa relatif bersih tidak ada karangnya, tapi bagaimanapun antifoiling agent itu toxic. kekecilan pipanya cepet bumpet.

Kalau kondisi memungkinkan anda bisa ambil dari kedalaman yang cukup dalam, say -60 ft tapi kalau plant anda di pinggir pantai yah saya kira yang terbaik kerja sama dengan chemical suplier anda.

Kalau kebetulan ada fund nya dan plant anda di pinggir laut. alternatif lain, cooling waternya jangan once through. di alirkan ke tambak tambak biar dingin dengan memenfaatkan natural evaporation, terus di recycle lagi plus make up. jadi kebutuhan chemicals nya jauh berkurang.

Kalau anda di shalow water apalagi didepan muara sungai wah pening ballancing antara right dosage dengan environmetal concern. ganti saja pakai air cooler.

Tanggapan 2 – indras1410

Mas Rudi, thanks suggestnya.

Anyway, justru saya ingin mengganti dari air cooling system (radiator) karena arah dan kekuatan angin menyebabkan angin panas bertiup balik ke engine.

Dan masalah periodic maintenance, saya pikir itu adalah hal umum untuk dilakukan.

Anyway, apakah antifoiling itu adalah chemical untuk pencegahan pertubuhan karang laut???

Tanggapan 3 – roeddy setiawan

Pak Indra,

Antifouling agent ya chemicals umumnya ada yang berbasis chlorine, hypochlorite atau cooper oxide. maksud nya meracuni coolant, sehingga biological growth & biological infestation terhadap alat bisa di control.

Kalau buat once thru begitu, sebaiknya hati hati dengan cyl head anda. consult manufacturer. kalau cyl head dan fitting 2 nya dr aluminum alloy, sebentar saja keropos, alluminum larut karena air panas, tetapi kalau carbon steel mungkin okay saja.

Kalau issue engine kena udara panas sih opini saya tidak mempengaruhi unjuk kerja engine anda. karena udaranya hanya naik jadi say 140F. kalau hot air itu ingested ke engine mungkin akan turn sedikit HP nya. kan temp tadinya say 100, sekarang jadi 140F. density energy ke engine turun akibatnya horsepower turun.

Kalau ini masalahnya tinggal di bikin kan penghalang saja di air inletnya sudah resolve issue nya.