Saudi Aramco telah memulai produksi dari Karan, pengembangan lahan gas non-associated pertamanya.

Penulis : Offshore staff

Saudi Aramco telah memulai produksi dari Karan, pengembangan lahan gas non-associated pertamanya.

Gas mulai mengalir awal bulan ini dan akan ditransport melalui pipeline subsea 110-km (68-mi) untuk pemrosesan di onshore Khursaniyah Gas Plant.

Fasilitas offshore terdiri dari lima komplek platform produksi yang dihubungkan ke main tie-in platform yang diperlengkapi dengan fasilitas electrical power, communication, dan remote monitoring and control. Pengerjaan design terperinci dimulai pada Maret 2009.

Karan ditemukan pada April 2006 di water depth 40-60 m (131-107 ft) offshore bagian timur Saudi Arabia, 160 km (99 mi) utara Dhahran. Sumur Karan-6, dibor kedalam formasi Khuff yang ditemukan gas dalam reservoir carbonate dari interval Permian dan Triassic.

Bagian reservoir Khuff paling pekat yang ditemukan saat ini di Saudi Arabia, dengan gross thickness sampai dengan 1,000 ft (305 m). Formasi Khuff meliputi kedalaman dari 10,500-13,700 ft (3,200-4,176 m).

Di Khursaniyah, gas diproses melalui train dengan fasilitas untuk gas sweetening, acid-gas enrichment, gas dehydration, dan supplementary propane refrigeration.

Fasilitas onshore juga meliputi cogeneration plant, sebuah unit sulfur recovery dengan storage tank, substations, dan sebuah transmission pipeline yang dihubungkan ke Master Gas System (MGS), Kingdom.

Pengembangan lahan Karan didesain untuk memproduksi 1.8 bcf/d raw dan dry gas pada tahun 2013 dari 21 increment wells yang menyebarkan sekitar lima platform wellhead.

Lima sumur sudah dipesan sejauh ini dari satu platform, masing-masing memproduksi 120 MMcf/d. Pengeboran sedang berjalan di 14 sumur lagi di tiga platform lainnya, dengan hanya empat sumur sisanya yang akan dibor.

Sumber: www.offshore-mag.com