Salam kenal, saya punya masalah dengan adanya pengendapan paraffin di flow line 4′ sepanjang 10 km. kondisi pipa sekarang tinggal 2,5′. Untuk pencegahan selama ini saya coba tanggulangi dengan chemical. saya sangat mengharapkan saran dan masukan dari rekan2 untuk mengilangkan endapan paraffin di pipa tersebut di atas.

Tanya – ridwan riyanto

Salam kenal, saya punya masalah dengan adanya pengendapan paraffin di flow line 4′ sepanjang 10 km. kondisi pipa sekarang tinggal 2,5′. Untuk pencegahan selama ini saya coba tanggulangi dengan chemical. saya sangat mengharapkan saran dan masukan dari rekan2 untuk mengilangkan endapan paraffin di pipa tersebut di atas. thanks b 4.

Tanggapan 1 – Zaki Hatmanda

Menambah air dalam aliran minyak dalam pipa bisa juga dipakai untuk mengurangi laju penurunan temperatur (Cp air lebih besar dari minyak).

Tanggapan 2 – Muh Kurniawan

Dear Milisters, Ikut nimbrung nih,

Bila lokasi pipa onshore, apalagi tidak buried, cara remediasi termudah adalah memberikan panas pada titik2 dimana wax tersebut terdeposisi.

Mengenai ide penggunaan insulasi mohon dicatat bahwa bila kondisinya sudah terlanjur block, perlu usaha extra bila ingin memberikan panas dari luar.

Mengenai tekanan rendah. Sepengetahuan saya tekanan tidak banyak berpengaruh pada proses pembentukan dan pengendapan wax. Karena perubahan fasa yang terjadi dari cair ke padat, tidak melibatkan gas. Tekanan berpengarauh pada yield stress. Tekanan yang lebih besar juga cenderung menghasilkan laju alir lebih tinggi, shear rate lebih tinggi, dan viskositas lebih rendah. Dalam kondisi ini, risiko pengendapan wax lebih kecil. Mempertahankan laju alir merupakan salah satu cara yang banyak digunakan, ada yang sengaja menambahkan air (meski harus diseparasi lagi), bahkan ada yang mengalirkan bolak-balik cairannya (pokoknya tidak sempat diam). Saya lebih concern pada upaya pencegahan. Pak Ridwan sudah pakai chemical, mungkin wax inhibitor/pour point depressant/flow improver. Mungkin perlu dievaluasi beberapa parameter agar bisa lebih efektif.

Kinerja chemical ditentukan beberapa diantaranya oleh: dosis, jenis dan komposisi crude oilnya, jenis chemicalnya, dan juga suhu penginjeksian. Karena chemical itu mahal, penggunaannya perlu seoptimal mungkin. Belum lama ini kami melakukan studi tentang kinerja chemical ini, dan sudah diterapkan di salah satu lapangan. Saat ini kami masih terus mengembangkan dan melengkapi laboratorium kami. Bila rekan-rekan perlu melakukan uji laboratorium sebelum aplikasi dilapangan, kami bisa melayani.
Demikian, sekedar ikut menambahi dari perspektif lain.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: