Yang tidak di sukai oleh HRD ketika intreview adalah : Pindah kerja hanya mencari peningkatan pendapatan. Sebaliknya mereka sangat menyukai apabila kita menjawab butuh tantangan. Apabila mereka bertanya memangnya di tempat kamu kerja sekarang ini tidak ada tantangan sebaiknya kamu menjawab tantangan bisa dari mana saja tidak hanya satu tempat saja. Apabila mereka bertanya kalau di tempat yang baru nanti tidak ada yang membimbing bagaimana sikap kamu sebaiknya kamu menjawab hal ini sudah saya alami di tempat kerja saya dan saya nilai ini hal yang sangat menguntungkan saya karena saya tidak akan merasa berhutang budi oleh siapapun maka yang saya akan lakukan adalah saya turun kelapangan bersosialisasi untuk mencari tahu apa yang saya harus tahu seintensif mungkin tanpa mengganggu apa yang menjadi job desk saya. Kalau ditanya tentang jobdesk kamu maka sebaiknya kamu berkata jujur apa yang kamu telah lakukan walaupun keluar dari jobdesk kamu. Misalnya saya seorang welder tetapi saya juga melakukan perhitungan kekuatan pada welding yang kamu gunakan. Ketika mereka bertanya apa sisi negatif dan positif kamu sebaiknya kamu menjawab untuk yang positif saya rasa kamu bisa menjawabnya sendiri dan untuk yang negatif jawablah jawaban yang memang semua orang memilikinya contohnya sedikit nervous apabila bertemu orang baru setelah itu tidak. Kemudian apabila mereka bertanya mengenai apa yang menjadi hobi kamu sebaiknya kamu menjawab hobi yang menunjang pekerjaan kamu.

Tanya – Muhammad Fadhilatullah

To All,

Mohon saran dan masukannya berkenaan dg tips2 menghadapi interview.

Dari beberapa kali proses rekrutmen yg saya alami, kalau interview sifat nya hal teknis umumnya tidak ada masalah, saya hampir bisa menjawab dan menjelaskan semua pertanyaan2.

Namun sering saya gagap atau bingung kalau menghadapi pertanyaan2 seperti ini:

1. Apa kekurangan anda

2. Apa kelebihan anda

3. Apa motivasi terbesar dalam hidup ini

4. Kenapa anda ingin keluar dari perusahaan lama

5. Kenapa tertarik untuk melamar di perusahaan ini

Sebenarnya ada beberapa pertanyaan lagi, tapi untuk sementara 5 ini dulu yang sering saya hadapi.

Mohon kiranya senior2 di sini utamanya dari praktisi HR bisa memberikan sedikit pencerahan apa yg sebenar nya diinginkan dari sisi HR. Sehingga kami job seeker bisa lebih siap untuk menantisipasinya.

Tanggapan 1 – Bagoes Surendarto

Izinkan saya untuk menjawab. dan koreksi saya apa bila saya salah.

Yang tidak di sukai oleh hrd ketika intreview adalah :

Pindah kerja hanya mencari peningkatan pendapatan. Sebaliknya mereka sangat menyukai apabila kita menjawab butuh tantangan. Apabila mereka bertanya memangnya di tempat kamu kerja sekarang ini tidak ada tantangan sebaiknya kamu menjawab tantangan bisa dari mana saja tidak hanya satu tempat saja. Apabila mereka bertanya kalau di tempat yang baru nanti tidak ada yang membimbing bagaimana sikap kamu sebaiknya kamu menjawab hal ini sudah saya alami di tempat kerja saya dan saya nilai ini hal yang sangat menguntungkan saya karena saya tidak akan merasa berhutang budi oleh siapapun maka yang saya akan lakukan adalah saya turun kelapangan bersosialisasi untuk mencari tahu apa yang saya harus tahu seintensif mungkin tanpa mengganggu apa yang menjadi job desk saya. Kalau ditanya tentang jobdesk kamu maka sebaiknya kamu berkata jujur apa yang kamu telah lakukan walaupun keluar dari jobdesk kamu.misalnya saya seorang welder tetapi saya juga melakukan perhitungan kekuatan pada welding yang kamu gunakan. Ketika mereka bertanya apa sisi negatif dan positif kamu sebaiknya kamu menjawab untuk yang positif saya rasa kamu bisa menjawabnya sendiri dan untuk yang negatif jawablah jawaban yang memang semua orang memilikinya contohnya sedikit nervous apabila bertemu orang baru setelah itu tidak. Kemudian apabila mereka bertanya mengenai apa yang menjadi hobi kamu sebaiknya kamu menjawab hobi yang menunjang pekerjaan kamu.
ketika mereka menanyakan gaji yang kamu inginkan lakukan lah survey terlebih dahulu standar gaji posisi yang kamu lamar melalui internet dan melalui orang dalam perusahaan itu. Ketika mereka bertanya bahasa apa yang kamu kuasai sebaiknya kamu menjawab dengan jujur dan akan berusaha belajar lagi. Ketika mereka bertanya apakah bersedia di tempatkan di cabang sebaiknya kamu menjawab dengan jujur. Ketika mereka bertanya olah raga apa yang paling kamu sukai jawablah olah raga yang mengutamakan kerja sama team.

Tanggapan 2 – Rijal Fauzi

Jika ditanya apa pekerjaan yang paling anda sukai dan anda tidak sukai, jawab apa ya pak?

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: