Pemasangan eccentris reducer bisa Top flat or bottom flat tergantung routing pipa.
Ecc. reducer spt ini memang banyak dipakai disuction atapun discharge pompa, karena tidak dibenarkan menggunakan concentrik reducer pd line suction/discharge pompa Nah kapan ecc. red ini harus dipasang Top flat or Bottom flat??? Pompa yang memompakan fluida dari arah bawah baru kemudian masuk suction pompa (downstream) maka ecc. red dipasang top flat hal ini untuk menghindari udara terjebak diline suction shg tdk terjadi kavitasi pada pompa (elevasi dibawah elevasi center line such pompa——> top flat).

Tanya – Ashari

Dear Milis

Mohon pencerahannya tentang piping arrangement untuk pemasangan Reducer di suction pump. Jika menggunakan ECcentric Reducer , kondisi bagaimana harus di pasang Top Flat atau Bottom Flat (Reference ???). Serta bagaimana jika menggunakan COcentric Reducer?

Terima kasih.

Tanggapan 1 – Suharyo Haryono

Mas Ashari,

Saya bukan desainer piping cuma selama yang saya tahu untuk suction pompa jika menggunakan eccentric reducer maka pemasangannya dalam posisi Top Flat. Anda bisa search juga di internet. Kalo gak salah ada penjelasannya.

Kalau saya tidak salah ingat, alasannya supaya aliran mulus dan meminimalisasi adanya gas trap di reducernya.

semoga membantu. Silakan dikoreksi jika kurang tepat.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Tambahan ,

Sebetul nya yang penting untuk pompa adalah NPSH required nya harus lebih kecil dari NPSH available nya.

Perhitungan nya agak ruwet sedikit apalagi kalau multi component seperti crude oil. Tapi sebetulnya menghitung tekanan uap dari substance yang dipompa pd temperature suction di kurangi losses dr fitting yang kita pasang tersebut.. kalau harga nya lebih besar instalasi anda okey, tidak akan ada vapor di suction sehingga deliverability pompa berkurang karena ruangan nya di isi vapor, kondisi yang extreem vapor lock, dimana pompanya tidak bekerja.

Kalau anda yakin NPSH Available >> NPSH required anda boleh pasang gimana aja. tapi untuk pleasant di pandang, seperti yang di saran kan pak Haryo Top Flat paling bagus.

Tanggapan 3 – Zainal

mas roeddy,

di satu sisi, anda memberikan ‘tips’ kepada para kontraktor, tetapi di sisi lain, anda juga memberikan ‘rahasia’ kontraktor kepada owner. seperti kalo kita main catur dengan bangunan hindia raja (atau caro kann, atau yang lain…), harus tahu kapan hitam akan menang (jika pegang hitam) atau sebaliknya harus tahu kapan mengalahkan hitam (jika pegang putih).

tetapi memang, ilmu itu seringkali jadi pedang bermata dua ya, tinggal bagaimana dan siapa yang menggunakan… anyway, thank you…

Tanggapan 4 – roeddy setiawan

Pak Zainal,

sama sama pak

Tanggapan 5 – Agus Priya

Sedikit tambahan kl salah mohon dikoreksi:

Pemasangan eccentris reducer bisa Top flat or bottom flat tergantung routing pipa.

Ecc. reducer spt ini memang byk dipakai disuction atapun discharge pompa, karena tidak dibenarkan menggunakan concentrik reducer pd line suction/discharge pompa Nah kapan ecc. red ini harus dipasang Top flat or Bottom flat??? Pompa yang memompakan fluida dari arah bawah baru kemudian masuk suction pompa (downstream) maka ecc. red dipasang top flat hal ini untuk menghindari udara terjebak diline suction shg tdk terjadi kavitasi pada pompa (elevasi dibawah elevasi center line such pompa——> top flat).

Hal ini tidak berlaku jika elevasi diatas centerline suct pompa maka ecc. red dipasang bottom flat (down streamnya) ini juga dimaksudkan untuk menghindari udara terjebak akibat perubahan diameter. (elevasi diatas elevasi center line such pompa——> bottom flat). jika ecentric reducer dipasang pada line (bukan daerah pompa), bisa dipasang bottom flat maupun top flat.

Untuk mendapatkan elevasi botom of pipe (BOP) yamg sama mk dipasang bottom flat (keseragaman BOP elevasi, shg ada keseragaman top of support juga) begitu juga sebaliknya….

semoga membantu, tolong dikoreksi jk kurang tepat

Tanggapan 6 – Crootth Crootth

Mas Roeddy,

1. Anda lupa memasukkan pengaruh gravitasi dalam perhitungan NPSHa, dalam beberapa kasus untuk tangki yang sering banget turun naik pengaruh gravitasi tidak bisa dinafikan begitu saja

2. Mendesain secara engineering bukan hanya dimaksudkan untuk KEENAKAN DIPANDANG semata! mendesain Top Flat dalam memposisikan eccentric reducer lebih kepada menghindari terjadinya vapor yang terjebak (yang bisa saja terjadi karena perubahan proses pada saat MoC dilakukan setelah pompa dipasang). Ingat, prinsip meletakkan eccentric reducer termasuk salah satu upaya inherently safer design

Tanggapan 7 – Affani Hakim, ST

Kalau Bapak2 & Ibu2 mau lihat info & referensi ttg pompa, lihat saja di http://www.gouldspumps.com/

disitu lengkap.