Marine growth perlu menjadi sebuah pertimbangan dalam design struktur dan dihitung toleransi ketebalannya, secara cross sectional untuk memprediksikan safety factor akibat gaya drag yang berpengaruh pada komplek strukture, misalnya pada kaki jacket. Untuk struktur kapal, ketebalan marine growth bisa memberikan pengaruh pada motian/ gerak kapal.

Tanya – Edim Toto, Sinulingga

Dear Rekans,

Ada yang bisa share tentang metode marine growth removal yang dilakukan tanpa mengakibatkan coating damage/chippping pada struktur induk? Terima kasih.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Pak Edim,

Bisa pakai water blaster / high pressure water jet. coba contact Calmarine mereka biasa melakukan nya. bisanya pakage nya complete, barge, diver, saturation chamber. kita tinggal naruh company rep saja untuk mengawasi kemajuan pekerjaan. atau sekalian ganti anode.

Tanggapan 2 – Taufik M. R.

Pak Sinulingga,

PT Badak beberapa waktu yang lalu melakukan pekerjaan serupa di pile2 loading dock kami dengan cara sandblast dan sebagian kecil dengan pengerokan manual. Selanjutnya untuk mencegah timbulnya kembali marine growth, kami memasang marine growth preventer bikinan IEV (http://www.iev-group.com/).

Barangnya berupa ring hexagonal yang di sisinya ada roll yang dapat bergerak naik turun. Setiap pile dipasangi 2 ring sesuai ketinggian pasang dan surut.

Alhamdulillah sekarang sudah tidak perlu lagi repot2 lagi menggosok pipa pile.

Tanggapan 4 – negari karunia

Mungkin pakai sand Blast atau water jet.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan berikut dapat dilihat dalam file berikut: