Untuk marketing harus menguasai dulu, econometri, statitistical tools, differential equation, human behavior, industrial behavior, transportation network, politic, mass media opinion, where the source of material, where the market, what policy dari daerah yang akan di penetrasi (misal nya kita ngak mungkin jual coal ke california, karena aturan lingkungan yang ketat). You say something dalam marketing yang anda tuju, tapi tidak berupa pesanan judul riset/skripsi ‘memasarkan batu bara ke california’ misal nya.

Tanya – MIFTAH JANNAH

Hello for all milis friends..I need u’ help now,

Kalau di perusahaan minyak ada bagian marketingnya, tapi khusus untuk marketing gas. Nah, saya punya planning untuk bikin skripsi di sana, tapi blm ada bayangan sama sekali, jadi saya minta info dari anda -anda semua, kira-kira masalah atau judul apa yang bisa saya angkat sebagai bahan skripsi saya untuk di bagian marketing di perusahaan minyak tersebut.

Tanggapan – roeddy setiawan

Pak Miftah,

Saya agak kurang mengerti dengan pertanyaan anda. Maaf kalau seperti to the point. maksud saya kalau kita riset/skripsi itu sudah harus tahu all aspect foundation dr apa yang ingin kita pelajari entah dari sisi sosial, ekonomi, mathematical tools dll.

Kalau saya bayangkan untuk marketing saya harus menguasai dulu, econometri, statitistical tools, differential equation, human behavior, industrial behavior, transportation network, politic, mass media opinion, where the source of material, where the market, what policy dari daerah yang akan di penetrasi (misal nya kita ngak mungkin jual coal ke california, karena aturan lingkungan yang ketat). nah dari basic knowledge yang dipelajari selama say 4 tahun. you say something dalam marketing yang anda tuju, tapi tidak berupa pesanan judul riset/skripsi ‘memasarkan batu bara ke california’ misal nya.

Contoh lain, kalau mau riset heat exchanger, saya mesti tahu heat transfer dengan betul yang steady state atau transient, material property, environment infuent misal nya fouling , corrosion, behaviour people around, mathematical tools, seperti statistik, differential equation, harus mengerti physic dan banyak lagi supaya kita bisa convey idea ini dengan benar ke audience.

Khusus mengenai people behaviour, tahun 80 an saya pernah mengerjakan colling system pakai air, tentunya kita pakai, biocide atau chromat atau apalah untuk memperbaiki properti dr coolant tersebut. tapi alangkah kaget nya saya ketika saya melihat para buruh memakai air yang toxic tersebut untuk ber wudu, kena mata, masuk hidung, dipakai kumur akibat dan seterusnya hanya putus dengan imaginasi kita saja.

Langsung kita stop project ini, kita ganti dengan ‘air cooler’ kalau kita melarang bisa dikepruk, di anggap tidak tolerant, kafir . karena ketidak tahuan tentang people behaviour, satu water coolent dengan sarana pendukung nya di scrap, belum kerugian karena project delay.

Mudah mudahan ini menjadi bahan untuk anda mengambil keputusan dalam riset anda.