Alat pengukur gaya biasanya dikenal sebagai Load Cell. Jenis nya ada dua. Yang pertama menggunakan Strain Gauge sebagai sensornya, dimana ini digunakan untuk keperluan pengukuran gaya static atau gaya yang berfluktasi dengan frekuensi yang sangat rendah (kira-kira tidak lebih dari 1 Hz). Yang kedua adalah menggunakan sensor berbasis material Piezoelectric, dimana ini digunakan untuk mengukur gaya dinamik atau gaya yang besarannya berfluktuasi dengan frekuensi yang rendah hingga tinggi. Jenis pertama sebagai contoh sederhananya adalah timbangan, sedang contoh kedua adalah load cell untuk pengukuran Whole Body Vibration, FRF, dll.

Tanya – Suharyo Haryono

Rekans,

Kalau teman-teman dari program studi teknik Mesin mungkin dulu pernah melakukan praktikum pengukuran tegangan di bejana tekan. Kita pengen mengtahui stress di dinding bejana tekan. Dulu saya ingat menggunakan strain gage.

Kalau saya sekarang ingin menghitung berapa gaya dari suatu benda yang duduk atau bersandar pada benda lainnya, adakah perusahaan yang bisa menyewakan alat untuk mengukur berapa gaya yang bekerja? Biasanya probe apa yang digunakan? Semacam piezzo?

Maaf kalau pertanyaannya simple sekali. Namun karena keterbatasan pengetahuan saya, saya belum tahu dan mohon sharing dari teman-teman semua.

Tanggapan 1 – malik.ibrahim@singgar-mulia

Gaya dari benda yang duduk/bersandar?

Mungkin bisa lebih diperjelas, pak. Mungkin dilengkapi dengan ilustrasi sederhana.

– Benda apakah tsb?

– apakah benda itu statis atau bergetar atau dll?

– dll

Tanggapan 2 – Pakarti Tirtoagung PT

Pak Haryo, Strain Gage juga bisa dipakai untuk mengukur gaya. Alat tsb disebut loadcell dimana output tegangannya dikonversi menjadi besaran gaya.
Contoh: timbangan badan elektonis adalah salah satu alat pengukur gaya berat menggunakan strain gage.
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Tanggapan 3 – Ilham B Santoso

Alat pengukur gaya biasanya dikenal sebagai Load Cell.

Jenis nya ada dua. Yang pertama menggunakan Strain Gauge sebagai sensornya, dimana ini digunakan untuk keperluan pengukuran gaya static atau gaya yang berfluktasi dengan frekuensi yang sangat rendah (kira-kira tidak lebih dari 1 Hz). Yang kedua adalah menggunakan sensor berbasis material Piezoelectric, dimana ini digunakan untuk mengukur gaya dinamik atau gaya yang besarannya berfluktuasi dengan frekuensi yang rendah hingga tinggi.

Jenis pertama sebagai contoh sederhananya adalah timbangan, sedang contoh kedua adalah load cell untuk pengukuran Whole Body Vibration, FRF, dll.

Semoga membantu.

Tanggapan 4 – stephanus sulaeman up v

Dh,

Mengapa tidak dihitung saja dengan prinsip mekanika teknik maupun pelajaran strength of material ?

Tanggapan 5 – aang r_gautama_mis

Pak Haryo,

betul apa yang dikatakan pak Pakarti, nantinya jika menggunakan load cell yang perlu diperhatikan adalah range dari loadcelll tersebut, jangan sampai terlalu kecil atau terlalu besar. jadi jika untuk 100kg, jangan pakai yang untuk 10ton atau kekecilan 10kg… . milihnya gampang kok tinggal liat spec nya dan oala…

lalu ditentukan juga tinggat akurasi yang amat bergantung dari alat pembacanya. biasanya dipakai istillah 8bit-16bit dan sebagainya.

oke selamat mencoba..