Ada beberapa yang perlu diperhatikan sebagai corrosion engineer yang selalu berhubungan dengan materials dan process. Yang perlu diperhatikan pertama konsep tentang korosi yaitu electrochemicals. Kedua materials processing atau metallurgy background….secara parallel harus diperhatikan juga ttg process technology atau envinroemental factors….ttg process loops….pipeline process. Sangat akan lebih menunjang perlu diperhatikan adalah flow assurance dan mass transfer…..ini semua adalah masalah internal & external corrosion.

Tanya – edy chlorine

Bapak-bapak yth

Saya lulusan teknik kimia, dan sudah berkarir di production engineering di beberapa petrochemical plant di Indonesia. Mohon saran dari bapak-bapak, apakah memadai seorang dengan background chemical engineering untuk mencoba karir di bidang korosi ?

Saya telah browsing penyelenggara kursus di bidang corrosion, dan menemukan ada kursus dengan materi sbb:

1. Basic NACE corrosion engineering

2. NACE certification level I

3. NACE certification level II

4. NACE certification level III

Apakah dengan mengikuti kursus-kursus seperti di atas bisa menjadi starting point untuk berkarir di corrosion engineer ?

Terimakasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – deniafrizal04

Sangat mungkin pak..banyak lulusan teknik kimia yg mjd corrosion engineer di bbrp oil company..

Mengenai kursus, bagus pak u mnambah ilmu tp kalo sdh masuk oil co biasanya company yg akan provide kelak..

Sukses pak edy..

Tanggapan 2 – Isya Muhajirin

Pak Edy,

Kalau bapak sudah pernah dapat kuliah atau kursus mengenai korosi dan saat ini sedang bekerja dibidang yg sama, saya kira itu sudah memadai. NACE course diperlukan apabila dirasa perlu sedikit penambahan ilmu disisi yang lain. Pada dasarnya di NACE course itu ada 4 subject yg akan diberikan: Material Selection, Coating, Chemical inhibition, dan Cathodic Protection (CP). Dan untuk dapat sertifikat tentunya harus memiliki pengetahuan yg memadai sehingga lulus ujian.

Kalau memang belum pernah bekerja dibidang korosi, NACE Basic Corrosion course bisa diambil dan dilakukan secara mandiri tanpa harus menghadiri kelas. Nanti bapak akan diberikan materi dasar2 korosi sehingga bisa digunakan dalam bekerja. Setelah lulus ujian anda akan mendapat sertifikat NACE Corrosion Technician. Nah, pertanyaannya bisakah jadi Corrosion Engineer? Bisa saja, selama supervisor melihat anda telah memiliki kualifikasi dan pengetahuan sebagai Corrosion Engineer.

Untuk NACE certification level 1 dst. saya kurang begitu paham apakah memang ada karena sepengetahuan saya untuk Corrosion Generalist jenjangnya adalah sbb: Corr. Technician, Corr. Technologist, Sr. Corrosion Technologist, dan Corrosion Specialist. Sedangkan untuk CP ada: CP Level 1 sampai 4. Silahkan dibuka www.nace.org untuk lebih jelas.
Semoga berhasil.

Tanggapan 3 – Faisal Reza

Ini sangat bagus

Ada beberapa yg perlu diperhatikan sbegai corrosion engineer yg selalu berhubungan dgn materials dan process.

Dari pengalaman saya sbg corrosion/materials technologist atu specialist.

Mgkin perlu diperhatikan pertama konsep ttg korosi yaitu electrochemicals….

Kedua materials processing atau metallurgy background….secara parallel harus diperhatikan juga ttg process technology atau envinroemental factors….ttg process loops….pipeline process….

Sangat akan lebih menunjang perlu diperhatikan adalah flow assurance dan mass transfer…..ini semua adalah masalah internal & external corrosion….

Sdgkan utk CP…..perlu juga belajar masalah konsep electrical current (mgkin perlu buka2 sedikit ttg pelajaran basic elektro dulu) dan ions transfers….

Sangat bagus kalau akan ditunjang dgn praket lab dulu yaitu ttg electrochemical nya….

Setelah itu mgkin banyak baca jurnal2 dan hands-on utk corrosion models…corrosion monitoring…CP design…CP measurements….dsb dsb…

Tanggapan 4 – edy chlorine

Terimakasih pak Faisal, pak Isya atas penjelasannya saya jadi punya gambaran yg lebih jelas.

Tanggapan 5 – Ari Kurniawan

Tambahan dr saya tentang kursus korosi,

Untuk kursus-kursus NACE saat ini yang paling dekat adalah coating inspector di jakarta sktr bulan oktober. untuk area yg dekat dr Indonesia ada di KL, Beijing, Arab, dll. kursus2 NACE rutin diadakan, namun ada 2 jenis kelas (yaitu kelas NACE dan licensee clas, klu licensee class harganya lebih mahal bisa 2-3 kali dari hrga normal). lbh lengkapnya lihat di web.

Selain NACE bisa juga mengikuti kursus Korosi dengan materi corrosion basic,CP, coating, di Australasian Corrosion Association (ACA) yang biasa mengadakan kursus di KL atau ausie.

Untuk di Indonesia bisa mengikuti kursus di INDOCOR, kelas yang bisa ada Corrosion Inspector (10hari), CP level I (6 hari) yang diadakan tiap 2 bulan sekali dan kelas lain seperti Ahli korosi muda, corrosion basic, corrosion for manager, failure analyisis, inhibitor. klu untuk INDOCOR bisa japri ke sy untuk infonya.

Tanggapan 6 – Abrar Ismet

Pak Edy,

Kalau minatnya ke Corrosion Eng, saran Pak Isya bisa difollowup.

Ada baiknya juga Bpk mngetahui atw bhkn mnguasai teknik inspeksi, biasa kita kenal dg Coating Inspector, sbb seorg Corrosion Eng diperlukan perannya -juga- dlm inspeksi atas material repair

-maintenance-.

Ketika mmiliki sertifikasi Corrosion Eng dan Coating Inspector maka kloplah sudah skill yg Bpk miliki…

Good Luck…!

Tanggapan 7 – Dony Wibowo

Dear Pak Edy,

Kenapa Bapak musti pindah dari production engineering, apakah latar belakangnya? toh sebagai specialist dibidangnya saya pikir sangat baik, walaupun memang tidak ada salahnya juga pindah haluan ke bidang lain seperti corrosion terutama dari chemical eng. sangat dekat sekali. Untuk ke bidang corrosion ini memang mudah tapi untuk sertifikasi cukup sulit, yaitu harus berpengalaman minimal 1 tahun untuk mendapatkan sertifikasi internasional seperti NACE CP I Tester, untuk naik ke sertifikasi CP II dan seterusnya harus memiliki sertifikasi dibawahnya.

Namun apabila latar belakangnya adalah hanya ingin bisa dan tahu, sebaiknya baca dahulu NACE Course Manual CP I hingga CP IV yang terakhir ini lebih kompleks dan rumit, bagaikan duduk di bangku kuliah lagi. Untuk dasar-dasarnya dan langkah awal bisa mencoba dahulu membaca standard2 dan buku2 yang berhubungan dengan corrosion. Namun apapun itu apabila Bapak sudah involved di salah satu project yang berhubungan dengan korosi akan sangat mudah mempelajarinya daripada membaca saja, itu pengalaman saya.