Untuk air instrument yang menggunakan threaded pipe harus di seal weld dan tidak perlu ada threaded sealant. Baiknya dicek lagi spec projectnya karena memang threaded pipe rentan bocor untuk in service nya berupa gas.

Tanya – Rusmanto

Dear Rekan Milis,

Mohon sekiranya yang pernah mengerjakan installasi untuk threaded pipe agar di share pengalaman tentang prosedur yang benar agar sambungan tidak bocor.

Di project yang saya kerjakan sebelumnya. Material pipa adalah carbon steel hot dip galvanized untuk service Plant Air dan Instrument Air, maksimum NPS 2′. Pada waktu installasi sudah di supervisi dan dilakukan sesuai prosedur yang ada, threaded sudah dibersihkan dari galvanize dan sudah diberi threaded sealent, tetapi pada saat service test banyak yang bocor. Setelah dilakukan 2-3x penyambungan ulang dan masih bocor akhirnya jalan terakhir di seal weld.

Untuk project yang akan datang ini PMC menyatakan pakai carbon steel hot dip galvanized kembali.

Mohon sumbang sarannya.

Tanggapan 1 – Johanes B.S.

Pak Rusmanto,

Setahu saya untuk air instrument yg menggunakan threaded pipe harus di seal weld dan tidak perlu ada threaded sealant. Baiknya dicek lg spec projectnya Pak karena mmg threaded pipe rentan bocor untuk in service nya berupa gas.

Tanggapan 2 – moch.mubarok

Pak Rusmanto,

Boleh tahu nggak pak alasan pemakaian threaded joint untuk system pipa ini? Karena salah satu kelemahan threaded joint memang rentan bocor. Kalau untuk next project diusulkan untuk mengganti threaded joint dengan welded joint mungkin kasusnya tidak akan berulang.

Tanggapan 3 – Bagus Mulandono

Dear Pak Rusmanto

Saya pernah mengalami kejadian serupa pada saat penyambungan threaded pipe dan ketika di test bocor. Kita pernah melakukan investigasi dan ternyata ada dua kesalahan yang terjadi pada saat itu antara lain :

1. Pembuatan threaded. Kami melakukan sendiri proses threaded dan setelah diinvestigasi, ternyata hasil threaded pipe tidak sempurna, ada cacat pada setiap ulirnya. Hal ini terjadi karena pada saat threading pipe, support dari mesin threaded (kami gunakan brand Ridgid) tidak sempurna sehingga pipa bergetar pada saat proses threading sehingga ulir yang dihasilkan tidak dapat bekerja dengan baik.

2. Aplikasi sealant yang tidak sempurna. Kami mengunakan threaded sealant brand loctite. Kami melakukan kesalahan pada saat aplikasi sealant tersebut dan ada beberapa bagian threaded yang tidak tercover dengan sempurna. Proses aplikasi sealant ini perlu diperhatikan curing time-nya sehingga sealant tersebut dapat bekerja sempurna.

Mungkin kedua hal diatas dapat diperhatikan sehingga kebocoran pipa dapat dihindari.

Tanggapan 4 – Rusmanto

Dear Pak Mubarok,

Alasan penggunaan threaded connection karena spec dari client menyatakan seperti itu pak, dan harga material lebih murah. Seperti kontraktor umumnya Pak, kalau client minta perak maka hanya untuk case dan pertimbangan tertentu kami akan memberi emas.

Dear Pak Bagus,

Terima kasih atas sharingnya.

Hasil investigasi saya sebenarnya mirip dengan investigasi Pak Bagus. Yakni pembuatan threaded itu sendiri dan pemberian sealant. Saya juga memakai sealant merk loctite, lebih tepatnya seri 592.

Barangkali ada rekan lain yang punya pengalaman serupa dan bagaimana solusi lain mungkin ada.

Tanggapan 5 – Yose Ishak

Pak Rusmanto,

Sebagai berikut beberapa penyebab kebocoran pada threaded connection.

Kualitas ulir

Kualitas ulir yang dibuat pada pipa tidak bagus.
Ini bisa disebabkan oleh material pipa yang kurang baik, alat pembuat ulir tidak baik (blade/mata potongnya tumpul, dll.) dan/atau teknisi pembuat ulir melakukan kesalahan pada proses pembuatan (mata ulir rusak, dll.).

Jenis ulir

Sampai saat ini kesalahan dan kegagalan instalasi threaded sebagai akibat dari penggunaan jenis ulir yang berbeda masih sangat sering terjadi.
Coba di cek dahulu apakah ulir pada fitting sama jenisnya dengan ulir di pipa (NPT-NPT, BSPT-BSPT ataukah NPT-BSPT).
Bila ulirnya berbeda = mudah sekali untuk bocor.

Sealant Seal Tape

Sealant berjenis teflon tape sebaiknya dililitkan berlawanan arah ulir sehingga saat dikencangkan lilitan seal tape tidak menggulung balik (terlepas).
Seal tape hanya dipasang pada 4 ulir terdepan dan tidak perlu sepenuh ulir karena seal tape yang membentuk sealant/sekat hanya yang berada pada ulir yang berhimpitan.
Sisanya adalah pemborosan dan bahkan bisa menyebabkan fitting tidak bisa dikencangkan dengan baik (tertahan oleh gulungan seal tape).

Sealant Pasta

Sealant yang berbentuk pasta sebaiknya dilihat dulu aturan penggunaannya…apakah harus didiamkan dulu setlah pipa-fitting dikencangkan ataukah boleh langsung dialiri fluida.
Banyak sealant pasta yang disarankan (oleh pembuatnya) untuk didiamkan dahulu beberapa jam sebelum pipa dialiri fluida.

Jadi sealant diberikan waktu untuk mengeras.

Plant air dan Instrument air

Untuk aplikasi plant air dan instrument air boleh saja menggunakan threaded connection asalkan sambungan tersebut bebas kebocoran.
Syarat sambungan threaded agar bebas kebocoran a.l: kualitas ulir yang baik, jenis ulir yang sama/sesuai antara pipa dan fitting, pengencangan sambungan dilakukan dengan baik (tidak terlalu kencang ataupun kurang kencang) dan penggunaan sealant dengan benar dan sesuai aplikasi/peruntukan.

Carbon steel galvanized

Tidak ada masalah dengan material pipanya. Bisa saja digunakan.

Jadi untuk pekerjaan yang akan datang, sebaiknya dilakukan pengecekan atas hal2 diatas.

Sebagai tambahan, gunakan juga mesin yang berkualitas baik (cutter blade, frame, dll.).

Mudah2an bermanfaat ya Pak Rusmanto.