Bahwa tujuan sertifikasi itu termasuk di dalamnya adalah untuk tujuan memastikan operability dan uji kelayakan fasilitas bahwa apa yang telah dibuat sudah berdasarkan perhitungan yang benar, drawing yang terakhir dan sudah melalui proses inspeksi yang telah dipersyaratkan secara memuaskan. Selain itu juga untuk keperluan jaminan asuransi nantinya.

Tanya – Aswi

Dear rekan rekan,

Mohon sharing tenang sertifikasi saat fase konstruksi berlangsung.
Pada EPC aktifitas kita melakukan tiga fase kegiatan yaitu Engineering Procurement dan construction. Pada akhir fase construction biasanya dilaksanakan sertifikasi untuk semua dokumen/drawing dari seluruh design project. Biasanya dilakukan oleh pihak ketiga contoh INDOSPEC dll. Pertanyaan saya adalah apakah urgensinya perlu dilakukan sertifikasi tsb. Apakah aspek safety dan operasi saja atau ada hal lainnya. Mohon pencerahannya.terima kasih.

Tanggapan 1 – Dedih Durahman

Yang disertifikasi bukan dokumennya, tapi peralatannya.

Tanggapan 2 -jagoanneon11

Menambahkan keterangan rekan Dedih, sertifikasi ini ada yg utk Migas, dlm hal ini peralatan dan fasilitas, dan sertifikasi konstruksi. Sertifikasi Migas bisa dilakukan oleh pihak ketiga ato Migas lgsg, sdg sertifikasi konstruksi dilakukan oleh tim konstruksi lapangan kontraktor dan pemilik. Tujuan sertifikasi konstruksi ini utk pelaporan progress dan hand over ke pemilik.

Silakan ditambahkan, biar lbh lengkap.

Tanggapan 3 – Andyuli

Ikut menambahkan bahwa tujuan sertifikasi itu termasuk di dalamnya adalah untuk tujuan memastikan operability dan uji kelayakan fasilitas bahwa apa yg telah dibuat sudah berdasarkan perhitungan yang benar, drawing yg terakhir dan sudah melalui proses inspeksi yang telah dipersyaratkan secara memuaskan. Selain itu juga untuk keperluan jaminan asuransi nantinya.