Saya sedang mencari informasi tentang pemakaian sentrifugal kompressor di Indonesia dengan penggeraknya turbin gas, servicenya adalah natural gas. Mohon informasi merek apa saja yang biasanya dipakai di oil & gas company di Indonesia.

Tanya – agus_ortegal

Dear millister,

Saya sedang mencari informasi tentang pemakaian sentrifugal kompressor di indonesia dengan penggeraknya turbin gas, servicenya adalah natural gas. Mohon informasi merek apa saja yang biasanya dipakai di oil & gas company di Indonesia.

Tanggapan 1 – Mas Boy

Setahu saya yang banyak dipakai adalah Solar Gas Turbine. Bisa menghubungi PT. Indoturbine selaku sole agent di Indonesia.

Tanggapan 2 – agus_ortegal

Terima kasih Mas Boy, sementara ini saya coba listing dulu beberapa pabrikan yang produknya sesuai dengan spec yang ada.

Tanggapan 3 – Sigit kumoro bekti

Pak Agus

Banyak sekali Pak Agus, tetapi yang package GTC dengan brand yang sama untuk gas compressor dan gas turbine salah satunya yang banyak populasinya adalah GE, kalau untuk LNG plant seperti di Tangguh atau Petronas MLNG, refrigeration compressor nya memakai Gas turbine FR7EA sebagai driver. dan banyak lagi di LNG plant dengan menggunakan gas turbine sebagai driver disamping menggunakan steam trbine. untuk booster compressor juga banyak menggunakan gas turbine sebagai driver seperti roll royce, LM series atau lainnya. sebenarnya banyak pilihan.

Tanggapan 4 – agus_ortegal

Pak Sigit,

Terima kasih infonya, ini sangat membantu.

Tanggapan 5 – win syah

Mas Agus,

Untuk service natural gas, di pakai di oil & gas company rata2 pakai yang reciprocating compressor. Karena butuh tekanan yang lebih besar. dan untuk brand saat ini banyak pakai Dresser-Rand Gas compressor terutama perusahaan oil & gas company yang ada di wilayah sumbagsel. Untuk sole agentnya di indonesia adalah PT. Fajar Mas Murni (bisa di check di www.fajarmasmurni.com). atau kalau mau lebih detail bisa di hubungi ke e-mail: e.damanik@fajarmasmurni.com

Tanggapan 6 – Sigit kumoro bekti

Pak Agus,

Kalau untuk booter compressor dengan driver gas turbine, tergantung installationnya ada dimana, kalau di offshore (platform) sebaiknya menggunakan aero engine karena masalah keterbatasan installation area. tetapi kalau onshore menggunakan heavy duty juga bisa seperti GE MS5002 atau HDGT lainnya.

Tanggapan 7 – Riki Sapari

Dear Pak Agus,

Mungkin bisa dicoba ke Dresser Rand (DR), cuma kalau untuk new equipment biasanya dihandle oleh agent mereka yaitu PT. Aschrofindo Manunggal (daerah Pluit). Sedangkan untuk brand lain mungkin bisa coba ke General Electric (GE), untuk lebih lanjut bisa datang ke gedung BRI di dekat Semaggi sana. Cuma sependek pengetahuan saya biasanya Centrifugal Compressor ini di drive oleh Steam Turbine, atau saya aja kali yah yang ‘kuper’ dengan hal ini…. Kalau boleh tahu lagi aplikasinya untuk apa ya Pak Agus……? Apakah di Refinery, Petrochemichal, or lainnya…..?

Demikian informasi yang bisa saya share semoga membanu dan mohon maaf apabila tidak bisa membantu…..

Tanggapan 8 – Riki Sapari

Mas Agus,

Sorry ketinggalan satu lagi mungkin bisa di coba ke Rolls Royce, cuma untuk representativenya di Indonesia saya belum pernah dengar…..barangkali rekan yang lain bisa menambahkan mungkin. Memang populasi dari Rolls Royce d Indonesia memang tidak sebanyak populasi dari DR dan GE, namun tidak salah apabila mencoba untuk membandingkan diantara ketiga pabrikan tersebut.

Tanggapan 9 – agus_ortegal Dear P Riki,

Terima kasih infonya, ini sangat membantu. Sudah saya record info dari P Riki termasuk roll royce juga.

Mengenai pemakaiannya , kompressor ini aplikasinya untuk booster saja dan drivernya turbin gas.

Tanggapan 10 – Sketska Naratama

Pak Agus, share dikit ya agar komprehensif perihal ini.

Ini project atau upgrading dari existing yang ada? Jika yg terakhir, pasti nya sudah ada AFE nya. Pastikan dulu budget nya sesuai dengan spec yg di create di awal, sehingga tidak kerja 2 kali.

Jika project, tinggal buat AML nya dan buat budgetary untuk di ajukan lebih lanjut. Selama kita memahami rantai pekerjaan kita, maka pekerjaan kita akan perform dan efisien.

Untuk project teknis banget kok sebenar nya, karena ref dari project lain dalam doc AML nya lengkap: merk, agent di Ind, kontak person, no hp, dll.

Jika diatas sudah clear, ada tantangan yg lain: TKDN 🙂

Tanggapan 11 – dimas_ariestyanto

Ngomong2 TKDN, untuk beli booster compressor baru macam ini, mungkin kah minimum
TKDN 25 persen bisa tercapai? #sekedar penasaran.

Tanggapan 20 – agus_ortegal

P Sketska,

Ini project, bukan upgrading. Tahap ini saya sedang mengoleksi beberapa comp manufacturer dan agentnya. Thanks untuk masukannya.