Reverse Osmosis (RO) biasanya digunakan untuk menghilangkan Total Dissolved Solid (TDS). Aplikasi lain adalah : 1. Total Oxidizable Carbon (TOC) reduction, 2. Jika TDS raw water tinggi, 3. Jika ada variasi yang besar pada kualitas feed water, 4. Untuk mengurangi konsumsi chemical.

Tanya – Meiri Triani

Mohon pencerahan mengenai :

Apakah keuntungannnya jika air umpan demin plant diolah terlebih dahulu dengan sistem ro jika ditinjau dari segi biaya dan kualitas produk.

Jika pada saat awal design air feed water ro berasal dari air sumur, namun jika kita ganti feed waternya dengan air laut maka bagaimanakah pengaruhnya terhadap kualitas produk RO

Tanggapan – adhi budhiarto

Reverse Osmosis (RO) biasanya digunakan untuk menghilangkan Total Dissolved Solid (TDS). Aplikasi lain adalah :

1. Total Oxidizable Carbon (TOC) reduction.

2. Jika TDS raw water tinggi.

3. Jika ada variasi yang besar pada kualitas feed water.

4. Untuk mengurangi konsumsi chemical.

Water chemistry dan hydraulics menentukan jumlah housing dan membrane yang dibutuhkan. RO membrane tidak dimaksudkan sebagai physical filter. Oleh karena itu, suspended matter harus dihilangkan di upstream sistem RO.

Untuk feedwater dengan tingkat dissolved solid yang relatif rendah, hanya dibutuhkan Ion Exchange (IX) untuk meng-handle-nya. Namun, untuk tingkat solid yang lebih tinggi, atau jika penghilangan partikel-partikel atau penghilangan kandungan organik merupakan hal yang penting, maka penggunaan membran RO sebelum ion exchange bed dapat memberikan efisiensi yang lebih besar.

Pilihannya tentu didasarkan pada pertimbangan keekonomian. Di atas tingkat solid tertentu, total cost kombinasi sistem RO/IX lebih rendah daripada hanya mengoperasikan ion exchange. 5 tahun yang lalu, breakpoint-nya terjadi pada tingkat Total Dissolved Solid (TDS) + 325 ppm (sebagai calcium carbonate). Namun, saat ini, berdasarkan data yang dikumpulkan dan dianalisa oleh Dow Chemical Company menunjukkan bahwa breakpoint-nya adalah 130 ppm, suatu level dimana rata-rata atau bahkan di bawah rata2 kebanyakan sumber fresh water. Artinya, untuk TDS > 130 ppm, sudah bisa dijustified untuk menggunakan kombinasi sistem RO/IX.

Komponen operating cost utama untuk sistem IX adalah biaya regeneration chemical. Sedangkan komponen operating cost utama untuk sistem RO adalah energi, yaitu electrical power untuk mengoperasikan pompa feed RO. Jadi, optimasinya ya dilihat dari kedua hal tersebut.

Untuk referensi yang lebih detil, mungkin bisa dilihat di Kurita Water Handbook ataupun Nalco Water Handbook.