Untuk pemasangan Transfrmer Rectifier tidak ada jarak khusus dari pipa. Yang perlu dipertimbangkan adalah efisiensi kabel, dekatnya lokasi TR dengan sumber power, dan keamanan. Yang lebih perlu dipertimbangkan adalah jarak Groundbed (lokasi penanaman anode) ke pipa. Lokasi anode harus cukup jauh(remote dr pipa) sehingga arus proteksi akan mencapai semua bagian pipa.

Tanya – Ali Ahmadi

dear milister

mohon infonya untuk jarak pemasangan panel rectifier cathodic protection outdoor type terhadap underground pipeline, apakah ada standartnya? mohon bantuanya via japri juga boleh.

Terimakasih.

Tanggapan 1 – berlian syako

Tidak ada hubungannya jarak Rectifier ke pipeline, bisa ditempatkan dimana saja tetapi disarankan letaknya sedemikian rupa sehingga memerlukan kabel lebih pendek untuk memperkecil voltage drop.

Kalau yg ditanya Anode, ada hubungannya dengan jarak ke pipeline. Untuk surface groundbed sering dipakai jarak 100 meter dari pipeline, untuk deep well bisa ditanam disisi pipeline dengan kedalaman 30 meter. Mengenai jarak ini hanya berdasarkan pengalaman praktis dan rule of thumb.

Tanggapan 2 – Ari Kurniawan

Pak Ali n all Milister,

Untuk pemasangan Transfrmer Rectifier tidak ada jarak khusus dari pipa. yang perlu dipertimbangkan adalah efisiensi kabel,dekatnya lokasi TR dengan sumber power, dan keamanan.

Yang lebih perlu dipertimbangkan adalah jarak Groundbed (lokasi penanaman anode) ke pipa. lokasi anode harus cukup jauh(remote dr pipa) sehngga arus proteksi aan encapai semua bagian pipa. Jika berkenan tolong diinformasikan panjang pipa, diameter, lokasi, jenis coating, dan umur pipa. saya akan coba meghitung kebutuhan arus, anoda dan kapasistas Rectfier yang dbutuhkan.

Tanggapan 3 – Triez

Dear Pak Ari,

Sori, sedikit melebar dari scopes,

Sedikit saya mau share karena mas sebagai seorang CP engineer.
Klo boleh tahu, apa beda pengertian current density untuk Bare Steel dan Coated
steel? perhitungan design biasanya hanya menggunakan Bare steel, bukan coated
steel. Apa ada konversi perhitungan dari bare steel ke coated steel? setahu saya
ISO 15589-1sudah memberikan tabel defend on design lifenya.
Apa masih perlu Coated steel current density dimasukan ke dalam perhitungan?
karena perhitungan proteksi arus CP tidak melibatkan coated steel.