Minta Bantuan buat rekan 2 yang punya standart Vibrasi Untuk Sistem Gear Box
Kalo Pake ISO 10816-3 dia cuma membatasi sampai frequency 1000hz, Sedangkan Untuk Vibrasi Pada Gear Box GMF bisa muncul pada frequency tinggi, Seringkali Pengukuran Vibrasi pada gear box selalu tinggi.

Tanya – sidank kustiawan

Minta Bantuan buat rekan 2 yang punya standart Vibrasi Untuk Sistem Gear Box
Kalo Pake ISO 10816-3 dia cuma membatasi sampai frequency 1000hz, Sedangkan Untuk Vibrasi Pada Gear Box GMF bisa muncul pada frequency tinggi, Seringkali Pengukuran Vibrasi pada gear box selalu tinggi,

trims atas infonya.

Tanggapan 1 – JONO

Pak Sidank,

Ada beberapa pertanyaan pak:

1. Sistem gearbox bapak terdiri dari berapa stage pak? Apakah 1 stage atau 2 stage ?

2. Bapak ada data jumlah tooth(gigi) dari tiap-tiap gear (spur, helical, bevel maupun worm)bapak tidak?

3. Boleh tau setting Fmax bapak untuk di Gearbox nya pak?

Karena dalam menganalisa masalah gearbox, kita gak akan pernah lepas dari apa yang Bapak sebut GMF, untuk itu minimum span frequency yang dibutuhkan adalah 3.25xGMF. kenapa ? karena kebanyakan frekuensi-frekuensi yang pertama kali dideteksi untuk gear bermasalah/wear adalah di 3xGMF.
Itu saja dulu pak.

Tanggapan 2 – Anas Rosyadi

Pak Sidank,

Menambahkan apa yang disampaikan oleh Mas Jono, penentuan Fmax untuk analisis vibrasi gearbox sangat penting. Besar kecilnya load juga akan mempengaruhi tingginya amplitudo GMF. Sepanjang pengalaman saya (CMIIW), tidak ada standard baku batasan vibrasi yang bisa digunakan untuk menentukan kondisi gearbox untuk semua kondisi. Hal yang penting perlu diperhatikan saat analisis spektrumnya adalah kehadiran side band di kiri kanan GMF. Apabila muncul amplitudo sideband di kiri / kanan GMF dengan amplitudo > 1/3 amplitudo GMF, saatnya menaruh perhatian pada kondisi gear-nya.

Saat ini banyak vibration analzer di pasaran yang memberikan features khusus yang bisa mendeteksi terjadinya metal-metal impacts (banyak kasus di rolling element bearing dan gearbox) seperti PeakVue (CSI), Envelope (SKF), Shock Pulse (SPM). Coba gunakan features tsb dan pilih filter frekuensi yang sesuai dengan speed dan Fmax-nya.

Berikut ini cuplikan dari Wilcoxon mengenai batasan vibrasi gearbox :

‘Be careful not to jump to conclusions to soon. There are no general standards for acceptable vibration levels in gearboxes in service. For new gearboxes, AGMA 426 and API 613 sets an overall level at 2 mils max. or square root (1200/rpm), which ever is less, on the test stand with NO load. Most general purpose gearboxes are not built to that standard. The amount of vibration measured is dependent on the magnitude of the dynamic forces causing the vibration and the stiffness of the gear casing. Given the same force, a stiffer gear case will vibrate less.’

http://www.wilcoxon.com/knowdesk/gear.pdf

Semoga membantu.