Pipeline gas alam Nord Stream telah memulai jalur pengisian dari 27.5 milyar cu m/tahun Line 1. Pengisian akan berlanjut selama kira-kira 4 minggu, dengan commercial operations dijadwalkan akan dimulai pada bulan Oktober.

Penulis : Christopher E. Smith

Konstruksi dari 1,200-km pipeline, membentang melalui Baltik Sea dari Vyborg, Rusia, ke Greifswald, Germany, yang dimulai pada 9 April 2010. Gazprom Rusia berharap Line 2, sebuah parallel line dari kapasitas yang sama, untuk berikutnya pada tahun 2012.

Castoro 6 dari Saipem SPA dan Castoro 10 serta Solitaire dari Allseas Group SA melakukan pemasangan pipa untuk Nord Stream.

Bulan lalu Nord Stream menyelesaikan sambungan ke 470-km OPAL natural gas pipeline (Ostsee-Pipeline-Anbindungs-Leitung–Baltic Sea Pipeline Link) yang dibangun baru-baru ini. OPAL akan memindahkan gas Nord Stream melintasi Eropa. Tingkat pengelasan terakhir yang menghubungkan line pertama dari Nord Stream dan OPAL terjadi pada ground stasiun pemindahan gas alam di Lubmin dekat Greifswald, dimana Nord Stream membuat German landfall.

Ditambahkan pula, Gasprom dan cabang BASF, Wintershall Holding GMBH, E.On Ruhrgas AG, Dutch company NV Nederlandse Gasunie, dan GDF Suez dari Perancis semuanya memegang saham di Nord Stream. Wingas Group memiliki saham 80% di OPAL, dengan E.On Ruhrgas memegang 20% sisanya 20%.

Sumber: www.ogj.com