Kami punya 2 unit Waukesha gas engine untuk driver compressor ARIEL dengan RC2000 sebagai Controller. Akhir-akhir ini engine Waukesha kami tersebut sering terjadi shutdown secara bergantian dengan indikasi ‘Waukesha ESM RUN STATUS SHUTDOWN’. Tidak ada indikasi yang mencurigakan dengan shutdownnya kedua engine ini. Semua parameter pada engine tidak menunjukkan gejala yang tidak beres. Akan tetapi pada saat engine di running kembali, engine akan berjalan seperti biasa seperti tidak ada problem. Selang beberapa hari kemudian akan kembali shutdown dengan indikasi yang sama. Kami sudah mengecek semua device dan tidak ditemukan penyebabnya. Mungkin bapak-bapak sekalian ada yang tahu atau pernah mengalami kejadian serupa, dimohon sharingnya. Apakah relay ‘Run Status’ bisa mempengaruhi shutdown engine?

Tanya – Novriandy Darmawan

Dear bapak2 milist sekalian,

Saya mau sharing sedikit mengenai problem yang sedang kami hadapi sekarang. Kami punya 2 unit Waukehsa gas engine utk driver compressor ARIEL dengan RC2000 sebagai Controller. Akhir2 ini engine Waukesha kami tsb sering terjadi shutdown secara bergantian dengan indikasi ‘Waukesha ESM RUN STATUS SHUTDOWN’.

Tidak ada indikasi yang mencurigakan dengan shutdownnya kedua engine ini. Semua parameter pada engine tidak menunjukkan gejala yang tidak beres. Akan tetapi pada saat engine di running kembali, engine akan berjalan seperti biasa seperti tidak ada problem. Selang beberapa hari kemudian akan kembali shutdown dengan indikasi yang sama.

Kami sudah mengecek semua device dan tidak ditemukan penyebabnya. Mungkin bapak2 sekalian ada yang tau atau pernah mengalami kejadian serupa dimohon sharingnya. Apakah relay ‘Run Status’ bisa mempengaruhi shutdown engine..?

Saya tunggu sharingnya…

Tanggapan 1 – Rio Hendiga

Mungkin anda perlu check vibrasi engine tsb, yang mungkin disebabkan adanya masalah dg bearing rotor, housing, atau shaft. Coba check dg specs yang diijinkan oleh engine manufacture tsb. Beberapa kasus seperti ini yang mengakibatkan trip atau Enginer Rpm yang tidak bisa maksimal disebabkan adanya masalah pd bagian bearing atau shaft.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – fiqih agus tisal

Dear Pak Novry,

Coba cek grounding sistem pada engine…..

Tanggapan 3 – JONO

pak Novriandy,

Bapak bisa memulai dengan mengecek hal apa saja yang menyebabkan pesan ‘ Waukesha ESM RUN STATUS SHUTDOWN ‘ muncul..

Tanggapan 4 – faried mustawan

Setuju dg pak Jono,

Kalau bisa dilihat logic ESM Shutdown, dicatat parameter apa saja yang bisa menyebabkan shutdown. Kadang parameter tersebut tidak ‘latched’ atau temporary logic contact, jadi harus dikeluarin dulu di list Alarm, direcord di PLC system. Once terjadi shutdown lagi bisa dilihat parameter apa yang inisiate shutdown tsb.
simply get the vendor and ask them to put all the shutdown parameter in the alarm list and record.

just my 2 cents

Tanggapan 5 – Andry Asmoro

Pak Noviandry,

Enginenya bisa disambungkan ke laptop bagi yang mempunyai program ESP untuk
engine yang memakai program ESM.
Dalam laptop tersebut terdapat indikasi shutdownnya dan kita dapat mengatasi
problem tersebut dengan meng ‘klik’ kata kata ‘troubleshoot’ pada program ESP
nya didalam laptop.
Dalam troubleshoot tersebut terdapat langkah langkah pekerjaan utk mengatasi
masalah tersebut..

Selamat mencoba.

Tanggapan 6 – purnama

Dear Pak Novri,

Ikut nimbrung pak, siapa tau ada probe conditional yang longgar (misal MPU
sebagai pembaca putaran).
Setelah engine running beberapa hari, karena longgar, probe tadi
tereksitasi oleh kondisi di lapangan dan menyebabkan pembacaan terganggu
yang akhirnya mengirim sinyal shutdown ke system kontrol..mungkin? CMIIW

Tanggapan 7 – zoel.boelank

Ikut sharing juga, kalo semua device proteksi tidak masalah, mungkin controllernya perlu direplace.

Tanggapan 8 – sugeng.hariyadi

Pak Novri,

Coba anda hubungi PT. Exterran Indonesia, salah satu cabang dari Exterran total solution yg berpusat di housto sana yg bikin compressor. mereka adalah pemegang compressor merk waukesa dangan piston sistem ariel. Alamatnya di jl. Gandaria tengah 3, no 25 kebayoran baru, jaksel. Tlp di 7225064. Mungkin anda bisa langsung komunikasi dg mereka dg attension pak tutur ato david woo, ato pak suyono. Mudah mudahan bisa membantu.