Proximity probe dapat digunakan untuk mengukur getaran poros maupun kecepatan putar- RPM (frekuensi putar – Hz). Bila proximity probe ingin digunakan untuk mengukur getaran (displacement) poros, maka proximity hrs diarahkan pada permukaan poros yang memiliki Total Runout yang kecil. Proximity harus dihubungkan dng proximitor. Proximitor berisi modulator (exiter dng frekuensi kira2 3 MHz) dan demodulator (u menghilangkan sinyal frek tinggi). Hasilnya (keluaran proximitor) berupa sinyal getaran dng offset. Untuk mengukur gap kt dpt memakai multimeter dng mode DC. Untuk mengukur besar getaran kita dpt memakai multimeter dng mode AC. Baik pengukuran gap maupun getaran harus dilakukan pada output proximitor; bukan pada kabel proximity probe karena sensor ini merupakan sensor aktif (perlu catu daya).

Tanya – Taufiq Firmansyah

Dear rekans,

Apakah ada yang memiliki dokumen (pdf) berjudul ‘*Considerations when using Eddy Current Proximity Probes *
*for Overspeed Protection Applications *’ dari Bently Nevada?

Masalahnya begini. di plant kami terdapat sistem machinery condition monitoring Bently Nevada 3500 yang memonitor sebuah kompresor dengan sensor dan probe 3300XL series proximitor. Sensor ini juga digunakan sebagai overspeed sensor (selain mengukur displacement).
Saya ingin memverifikasi pengukuran speed (dlm Hz atau rpm) dari probe tersebut dan membandingkannya dengan yg ditunjukkan oleh HMI. Pertanyaan selanjutnya, (1) apakah mungkin untuk mengukur Hz langsung di terminal connection probe tersebut dengan menggunakan multimeter ketika kompresor sedang on-line? (2) menurut manual operasi probe dari Bently Nevada pengukuran langsung (untuk proximity, bukan speed) pada probe dengan multimeter harus dalam mode volt DC, sementara pengukuran Hz dengan multimeter umumnya menggunakan mode volt AC.
Mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya.

Tanya – ‘DIGITAL_JD’ jamiat_deba

Pak Taufiq,

Saya mau mencoba sharing aja mengenai penggunaan Bently nevada. Ditempat saya juga banyak di pasang bently nevada, namun penggunaan nya hanya sebatas deteksi dari vibrasi turbin dan kompressor.

Cara untuk stell sonsor proximity tersebut kita menguakan plat baja yang sudah ada ukuran ketebalannya lalu di bandingkan dengan volt meter yang di hasilkan dari pembacaan sensor proximity tersebut. jika pembacaanya sudah pas (misalnya +9 VDC)= 5 cm maka bently+sensor sudah terpasang dengan baik. Adapun jika terjadi pembacaan yang ngawur itu bisa jadi karena faktor alignment turbin atau compressor tersebut memang bermasalah. Olehkarena itu di tempat kami ada specialis ‘COMO’ yang akan menindak lanjuti gejala tersebut. kalo menurut saya, sensor proximity pada bently nevada bukan berarti menghitung pulsa dari banyak perputaran turbin/kompressor, tetapi itu hanya mendeteksi seberapa dekat perputaran stem dengan sensor proximity tersebut. sehingga bisa di ketahui vibrasi dari turbin/compressor.
So, percuma saja kalo mencari Hz dengan mengkonversi dari sensor proximity bently nevada.
sensor bently ini bukan seperti sensor pada turbin meter yang bisa kita ketahui berapa pulsa yang akan di hasilkan. meskipun prinsipnya sama-sama seperti proximity sensor.
Demikian pendapat saya, jika saya salah, mohon maaf, karena ilmu saya masih dangkal.

Tanggapan 1 – zaitbpau

Pak Taufik Yth,

Proximity probe dapat digunakan u mengukur getaran poros maupun kecepatan putar- RPM (frekuensi putar – Hz).

Bila proximity probe ingin digunakan untuk mengukur getaran (displacement) poros, maka proximity hrs diarahkan pada permukaan poros yang memiliki Total Runout yang kecil. Proximity harus dihubungkan dng proximitor. Proximitor berisi modulator (exiter dng frekuensi kira2 3 MHz) dan demodulator (u menghilangkan sinyal frek tinggi). Hasilnya (keluaran proximitor) berupa sinyal getaran dng offset. Untuk mengukur gap kt dpt memakai multimeter dng mode DC. Untuk mengukur besar getaran kita dpt memakai multimeter dng mode AC. Baik pengukuran gap maupun getaran harus dilakukan pada output proximitor; bukan pada kabel proximity probe karena sensor ini merupakan sensor aktif (perlu catu daya).

Bila proximity probe ingin digunakan u mengukur kecepatan (frekuensi) putar maka sensor ini diarahkan ke piringan bergigi. Untuk bertindak sbg pengukur kecepatan putar proximity probe dihubungkan dng unit khusus (unit overspeed trip)yang di dlmnya berisi proximitor, frekuensi to voltage converter, comparator, dan switch. Karena targetnya berupa piringan bergigi, keluaran dari proximitor berupa sinyal pulsa. Sinyal pulsa ini oleh rangkaian frekuensi to voltage converter lalu diubah menjadi tegangan DC yang besarnya sebanding dng kecepatan (frekuensi) putar. Sinyal ini disediakan sbg output shg user dpt mengukur kecepatan (frekuensi) putar dng menghubungkan pin output (terminal connection) ke multimeter dng modus DC.

Jadi jelas bahwa keluaran unit overspeed trip berupa sinyal DC yg besarnya sebanding dng kecepatan putar karena sinyal tsb keluaran dari rangkaian frequency to voltage converter, bukan keluaran proximitor.

Kalau Pak Taufiq kekeuh ingin mengukur frekuensi putar (Hz) caranya adalah sbb. Gunakan Oscilloscope digital yg mampu mengukur frekuensi sinyal (selain level). Modus boleh AC atau DC tapi lbh baik AC. Hubungkan proximity probe (yang targetnya pirigan bergigi) ke proximitor (bukan overspeed trip). Hubungkan keluaran proximitor ke oscilloscope. Baca frekuensi yang terbaca. Hasil yg diperoleh perlu dibagi dng jumlah gigi yang terdapat pada piringan. Done.

Sebenarnya kt bs juga mengukur kec putar dari sensor proximity probe yg diarahkan pada permukaan poros. Untuk mengetahui frek putar dpt digunakan oscilloscope digital atau dynamic signal analyzer. Namun ketelitian yg diperoleh tdk sebaik yg diarahkan ke piringan bergigi. Selain itu cara ini dpt tertipu oleh getaran yg didominasi oleh sinyal getaran yang bukan 1x running speed.

Koreksi u Pak Jamiat Deba: jarak ukur dari proximity probe seri 3300 kira2 hanya 2,4 mm (2400 um). Ada proximity yang dapat mengukur jarak sd 8 mm tapi jarang digunakan krn diameternya besar.

Semoga berguna,

Tanggapan 2 – Taufiq Firmansyah

Pak Jamiat,

Bapak benar bahwa memang kegunaan utama proximity sensor ini adalah mengukur suatu jarak (proximity) tertentu sehingga mudah memonitor deviasinya (akibat vibrasi dll), sehingga verifikasi jarak seperti uraian Bapaklah yang tertera di manual Proximity 3300 xl series, dengan jarak acuan 100 mil (2.5mm) sebagaimana penjelasan Pak Zainal.

Namun tidaklah menutup kemungkinan bahwa sensor yang sama digunakan sebagai speed sensor, yg dengan tujuan itulah Bently-Nevada mengeluarkan catatan tambahan ‘Considerations when using Eddy Current Proximity Probes for Overspeed Protection Applications’. Demikian adanya dan terimakasih banyak atas sharingnya.