Back purging untuk melindungi lasan dari pembentukan oxides yang persistence. Oxide timbul karena molten pool di ingress oleh O2 disekitar. Purging untuk membuat sikon waktu welding relatif inert dan bersih.

Tanya – Endri Prasetyo

Rekans & Para pakar Las,

Material C & C-Mn steel memungkinkan untuk tidak menggunakan back purging pada pengelasan dengan TIG.
Mohon pencerahnnya untuk definisi dan batasan C-Mn steel ini.

Terima kasih.

Tanggapan – Faisal Reza

Back purging utk melindungi lasan dari pembentukan oxides yg persistence …oxide timbul karena molten pool di ingress oleh O2 disekitar….purging utk membuat sikon waktu welding relatif inert dan bersih…

Mengapa C-Mn tidak ‘terlalu’ perlu….karena dalam waktu welding…oxides yg terjadi adalah iron oxides …iron oxides akan terpisah dari weldment…dan ngambang di weld pool …ini tidak menimbulkan masalah karena anda bisa membersihkannya kemudian dgn mudah….bhkan lepas sendiri….

Pada kasus SS yg diperlukan back purging….yg terjadi ialah di dominasi chromium oxides yg punya melting point yg cukup tinggi…sebenernya sama juga oxides akan menyelimut pool metal….tapi chromium ini lebih mudah bereaksi dgn oxides…kalau chromium banyak yg hilang…maka SS akan kehilangan fungsinya sebagai baja tahan karat dimana …stainless adalah rely on Chromium (typicalnya 12% minimum di solid solution)….

Pada solidifikasi pada chromium terus persistence sangat reaktif dgn oxygen….ini sama saja di high temperature corrosion….

Jadi itu mengapa C-Mn (atau carbon steel biasa) tidak perlu purging….