Start system biasanya berfungsi sebagai penyedia putaran awal saja, dimana udara untuk system disediakan oleh compressor external.. ini dipakai juga pada gas turbine engine, untuk Brand Solar Centaur (+- 200 Psig). Start system akan mati sendiri saat putaran engine melebihi putaran starter… mudah2n bisa membantu. Adapun compressor karena merupakan bagian dari system external, dia akan stop saat udara pada tank penampungan sesuai dengan req pressure yang bisa disimpan oleh tank.

Tanya – Iwan Ludwig

Dear Rekan Milis,

Saya mohon pencerahannya mengenai subyek diatas. Saya punya pompa yg dicouple sama gas engine dimana starting systemnya adlah air starter. Pertanyaan saya adalah :

1. Apakah air starter ini berfungsi sebagai penyalaan awal saja? dan bagaimana mechanizm dr air starter?

2. Kalo memakai air starter, apakah dibutuhkan external compressor? atau didalam gas engine itu sendiri sudah disupply/include dengan compressor?

3. Sampai tekanan berapa compressor akan ‘stop’ dengan sendirinya?

Terima kasih banyak atas technical advice dari rekan milis.

Tanggapan 1 – Teguh Santoso

1. tepatnya bukan penyalaan awal, tetapi putaran awal sampai engine cukup tenaga untuk berputar sendiri. tekanan 90-150 psi cukup untuk memutar air starter (cat G3606 cukup 100 psi).cmiiw

2. Jelas butuh air compressor dari luar karena gas engine tidak ada yang built in air compressornya.. air starter bisa diganti dengan gas starter asalkan ada fasilitas gas dengan tekanan yang cukup dan gas release dari starter diperbolehkan di area tersebut.

3. Mekanismenya, tekanan udara menekan blade/turbine sehingga poros starter berputar. Lamanya berputar diatur oleh timer dan atau sensor rpm engine.
mudah mudahan bermanfaat..

Tanggapan 2 – agus arya

salam pak teguh,saya ada masalah di air stater, pada air stater gas engine rotor blade-Nya pecah?(masalah ini ada di 2 gas engine, kerusakan-nya persis sama).
Apakah dari rekan-rekan yang ada yang pernah punya masalah yang sama? keterangan tambahan: – umur air stater 15.000 jam – Setting tekanan dari air compressor 140Psi-150Psi – Kondisi lingkungan muara sungai, pinggir pantai.terima kasih atas jawabannya.

Tanggapan 3 – Teguh Santoso

Pak Agus,

Kemungkinan pecahnya blade karena kurangnya pelumasan. karena starter lebih banyak stand by nya maka kemungkinan blade tersebut terjadi stug sehingga sewaktu akan start engine karena tekanan udara cukup kuat maka blade tsb cuil kemudian cuilannya ini akan membuat pecahan lebih besar lagi.
Sistem pelumasan biasanya memakai prinsip venturi, jadi sejumlah kecil pelumas akan terhisap oleh udara sewaktu starter dijalankan. Bila tidak dilengkapi dengan sistem pelumasan ini, maka kita harus rajin rajin menyuntikkan pelumas sebelum start engine.
Demikian, mudah mudahan bermanfaat.

Tanggapan 4 – ‘agus triono’

Pak teguh,

Yang bapak maksud saya haru memberi pelumasan pada rotor blade atau pada gear planetary kerena yang saya baca dari manual hanya pada gear palanetary yang di beri grease ulang. Dan pada rotor hanya di cek. Pekerjaan-Nya pun pada run hours 20rb . dan klau boleh tau jenis pelumasan-Nya menggunkan apa?

Terimakasih.

Tanggapan 5 – purnama@umcntp

Pak Iwan,

Sekedar menambahkan, start system biasanya berfungsi sebagai penyedia putaran awal saja, dimana udara untuk system disediakan oleh compressor external.. ini dipakai juga pada gas turbine engine, untuk Brand Solar Centaur (+- 200 Psig). Start system akan mati sendiri saat putaran engine melebihi putaran starter… mudah2n bisa membantu.

Adapun compressor karena merupakan bagian dari system external, dia akan stop saat udara pada tank penampungan sesuai dengan req pressure yang bisa disimpan oleh tank.

Tanggapan 6 – sint helent dinara

Dear Pak Iwan L

1. Untuk service pompa, maka saya pikir starter ini hanya untuk awal saja.
Mekanisme nya, biasanya jika pada pompa lebih sederhana dibanding dengan Solar turbine. Yaitu dengan adanya mekanisme kick back pada saat putaran gas engine ini mencapai angka tertentu dimana ignition gas engine sudah terjadi (biasanya 200 rpm untuk gas engine dengan normal putaran 1000 rpm). Di dalam air starter ini biasanya berupa silinder dengan 4 bilah blade (dari bahan komposit) yang dimasukkan dalam casing yang berbentuk tidak konsentris, gas/air bertekanan akan masuk dari celah yang yang sempit dan memutar silinder+blade dan kemudian gas/air bertekanan ini keluar dari sisi yang lebar.

2. idem dengan pak purnama

3. tekanan gas/air bertekanan yang dibutuhkan engine Caterpillar G 3306 sekitar 60 psig, sedang untuk turbine solar 180-200 psig.

semoga membantu.

Tanggapan 7 – Iwan Ludwig

Pak Purnama & Sint helen dinara,

Terima kasih atas penjelasannya.