Di FPSO, minyak mentah dari reservoir dip roses (Production) diatas dek lalu disimpan di tanki-tanki lambung kapal (Storage). Minyak yang telah diproses (bisa juga ‘liquefied gas’) lalu di export (Off-loading) kemungkinan besar pakai shuttle tanker, untuk dibawa ke darat (konsumen). Off-loading ini bisa juga lewat jalur pipa, tapi biasanya orang memilih FPSO salah satunya karena tidak adanya fasilitas jalur pipa di sekitar lokasi (remote area). FSO hanya digunakan untuk menyimpan (Storage) minyak/liquefied gas yang sudah dip roses sebelum di ekspor (Off-loading) lewat shuttle tanker atau pipa. FSO ini dibutuhkan karena platform tempat pengilangan tidak mempunyai fasilitas ekspor langsung (jalur pipa). Atau bisa juga digunakan untuk penampungan sementara produksi dari platform2 kecil (satellite platforms) sebelum disalurkan ke tempat lain.

Tanya – darwis sbr

Mohon pencerahannya dari Bapak2 yang telah mempuni di Oil & Gas tentang FSO & FPSO. Terimakasih.

Tanggapan 1 – Jauhari yahya

Kalo yang kita tahu fso (floating storage off loading) semacam tangki penyimpanan terapung, yang
tidak memerlukan facility process.

Sedangkan fpso (floating production off loading) kebalikan dari fso….(yang memerlukan facility process)
moga berkenan dan yang mampu nambah biar lebih cerahhh…millis ini

Tanggapan 2 -iwan aryawan

Nambahin dikit:

Sesuai dengan pak Jauhari bilang, satu-satunya perbedaan antara FSO dan FPSO adalah huruf ‘P’ (Production).

Di FPSO, minyak mentah dari reservoir di proses (Production) diatas dek lalu disimpan di tanki-tanki lambung kapal (Storage). Minyak yang telah diproses (bisa juga ‘liquefied gas’) lalu di export (Off-loading) kemungkinan besar pake shuttle tanker, untuk dibawa ke darat (konsumen). Off-loading ini bisa juga lewat jalur pipa, tapi biasanya orang memilih FPSO salah satunya karena tidak adanya fasilitas jalur pipa di sekitar lokasi (remote area).

FSO hanya digunakan untuk menyimpan (Storage) minyak/liquefied gas yang udah di proses, sebelum di ekspor (Off-loading) lewat shuttle tanker atau pipa. FSO ini dibutuhkan karena platform tempat pengilangan tidak mempunyai fasilitas ekspor langsung (jalur pipa). Atau bisa juga digunakan untuk penampungan sementara produksi dari platform2 kecil (satellite platforms) sebelum di salurkan ke tempat lain.

Tanggapan 3 – JKTPET1

Mas Iwan,

Minyak mentah yang diproses di FPSO ini maksudnya bukan Diproses kayak di Kilang itu kan ?
Sebatas mana Proses yang dilakukan di FPSO? apa pemisahan Ass. Gas dan Minyak mentah aja atau bgmn ? apa P (production) itu juga ada yang pakai istilah lain misalnya Fixed Processing Unit (FPU) misalnya.
Thanks.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: