Petrom telah mengkonfirmasikan perusahaan akan memasuki tahap eksplorasi baru untuk blok Neptun di Black Sea.

Penulis : Offshore staff

Petrom telah mengkonfirmasikan perusahaan akan memasuki tahap eksplorasi baru untuk blok Neptun di Black Sea.

Ini mengikuti keputusan pemerintah Rumania untuk mengamandemen konsesi agreement dengan memperpanjang waktu yang diizinkan untuk eksplorasi blok. Dengan memaksimalkan kemungkinan penemuan yang mampu secara komersial, Petrom mengatakan bahwa ini penting untuk memiliki waktu yang cukup untuk sepenuhnya mengeksplorasi blok.

Program pengerjaan Petrom dalam partnership bersama Exxon Mobil meliputi pengeboran dari sumur eksplorasi deepwater pertama di sector Black Sea Rumania pada akhir tahun ini atau dalam tahun 2012.

Johann Pleininger, bertanggungjawab untuk eksplorasi dan produksi, mengatakan : “kami harus mempertimbangkan fakta bahwa area deepwater Black Sea Rumania tidak tereksplorasi dan aktivitas eksplorasi deepwater membawa resiko investasi tinggi. Secara umum, eksplorasi deepwater dan biaya pengembangan sering lebih tinggi daripada di onshore.

Petrom dan ExxonMobil Exploration serta Production Romania menandatangani farm-out agreement pada tahun 2008 berdasarkan Exxon Mobil memperoleh 50% interest di blok Neptun. Dua perusahaan telah memperoleh sejak seismic 3D.

Sumber: ww.offshore-mag.com