Istilah pendaftaran Tender tidak sama artinya dengan istilah pemasukan proposal Tender. Di KPS dan sejenisnya, process procurement of good and services memakan waktu 2 – 6 bulan, tergantung jenis dan besarnya nilai tender. Bahkan bisa lebih dari 6 bulan kalau kemudian terjadi proses negosiasi dan atau re-tender. Untuk antisipasi lamanya waktu Tender, Owner (Project team) dan tim procurement biasa sepakat untuk membuat waktu pendaftaran tender 3 – 5 hari kerja saja. Toh syarat untuk pendaftaran Tender tidak ada yang aneh-aneh. Untuk tender besar atau dengan persyaratan khusus seperti yang diumumkan di koran juga sama, waktu pendaftaran Tender juga sama singkat saja. Tapi biasanya saat pengumuman di koran dengan waktu pendaftaran Tender ada tenggang waktu 1 – 2 minggu atau bahkan lebih dari satu bulan tergantung persyaratan khusus yang diminta.

Tanya – Eko Drajat, Nugroho (Tripatra)

To all,

Sekedar pertanyaan dari yang awam, kenapa masa pendaftaran Tender selalu dibuat semepet mugkin ??

Kebanyakan Pengumuman Pendaftaran Tender yang saya lihat dikeluarkan pada hari Jumat dan hanya berlaku untuk 4 hari, bermakna pendaftaran terakhir ditutup hari senin nya. Bermakna pula hanya cukup waktu 3 hari saja untuk mempersiapkan berkas Tender, dan itupun harus lembur sabtu minggu, supaya berkas pendaftaran bisa dimasukkan senin nya.

Tanyaken apa ??

Mungkin yang berkumpeten bisa memberi penjelasan.

Tanggapan 1 – donny rico m

Biasanya mas, (tapi ini pendapat pribadi lho), itu karena mereka sudah punya preferensi sendiri dengan para kontraktornya. dan pembicaraannya sudah dilakukan di awal dengan preferred contractors sebelum tender dibuka. hal itu untuk menghindari adanya pemain baru (tapi bukan berarti kontraktor baru ini tidak berkompeten yah) yang dimana resiko terlalu besar untuk digunakan meski pemain baru tersebut menang secara komersial.

Ada beban psikologis bagi owner untuk melibatkan kontraktor baru apalagi mereka ketat (sekali) dalam time schedule untuk waktu penyelesaian.

Ini semua dilakukan untuk memenuhi standar ISO owner.

Tanggapan 2 – aang r_gautama_mis

Yang dibilang donny bener tuh, duluuu saya juga pernah melakukan tender untuk perbaikan gedung di bandung… kebetulan ownernya kenal sama bos saya jadi bisa dianggap preffered consultan lah… tapi pas hari H nya ternyata ada tambahan 2 perusahaan lain yang range penawarannya beda tipis ama penawaran dari kita…
re negosiasi lagi deh jadinya.

Abis perbaikan gedungnya pake dongkrak… jarang2 nih

Tanggapan 3 – Anshori Budiono

Pak Eko,

Mungkin sebelumnya ditegaskan dulu bahwa istilah pendaftaran Tender tidak sama artinya dengan istilah pemasukan proposal Tender.

Di KPS dan sejenisnya, process procurement of good and services memakan waktu 2 – 6 bulan, tergantung jenis dan besarnya nilai tender. Bahkan bisa lebih dari 6 bulan kalau kemudian terjadi proses negosiasi dan atau re-tender.

Untuk antisipasi lamanya waktu Tender, Owner (Project team) dan tim procurement biasa sepakat untuk membuat waktu pendaftaran tender 3 – 5 hari kerja saja. Toh syarat untuk pendaftaran Tender tidak ada yang aneh-aneh.

Untuk tender besar atau dengan persyaratan khusus seperti yang diumumkan di koran juga sama, waktu pendaftaran Tender juga sama singkat saja. Tapi biasanya saat pengumuman di koran dengan waktu pendaftaran Tender ada tenggang waktu 1 – 2 minggu atau bahkan lebih dari satu bulan tergantung persyaratan khusus yang diminta.

Selama saya kerja di KPS, tidak ada pengumunan Tender hari Jumat yang sekaligus start mulai pendaftaran dan kemudian pendaftaran ditutup hari Seninnya. Kalau Pak Eko mungkin mengalaminya, sebagai owner bisa saja Pak Eko menegor tim Procurment agar tidak mengulangi hal yang sama di masa yang akan datang karena akan merugikan owner jika kemudian yang ikut bidding tidak quorum (minimal 3 bidder). Tapi bisa jadi untuk kasus-kasus tertentu pada tender-tender kecil, dimana baik tim procurement dan atau owner sudah punya beberapa kandidat yang berpotensi untuk ikut Tender tersebut.

Untuk kasus ini, ketika pengumunan ditempel di procurement building, biasanya orang Procurement akan aktif menghubungi via telpon kandidat-kandidat tersebut memberi tahu bahwa ada pengumuman Tender. Karena kalau kemudian, yang ikut mendaftar Tender gak sampai quorum (3 bidders), maka proses pendaftaran Tender pasti akan diulang kembali.

Kira-kira begitulah penjelasannya.

Tanggapan 4 – Mahfud F

Tiap perusahaan memiliki tata cara pengadaan barang dan jasa. Umumnya untuk rentang waktu diperhitungkan dalam kalender kerja.
Kalo tender pemerintah berdasarkan Keppres 80/2003 beserta amandemennya.
Jika tender dengan Keppres, pengumuman lelang umumnya minimal dilakukan selama 7 hari kalender, dengan sekali diiklankan ke koran nasional dan pengambilan dokumen sampai satu hari sebelum pemasukan proposal. Sehingga kira2x total rentang waktu bisa sampai 2 minggu dr pengumuman lelang sampai pemasukan proposal.
Sehingga jadwal bisa terlihat jika terjadi kecurangan2x.