Version terakhir dari InstruCalc. adalah 6.2 – dikeluarkan tahun 2006. Basically software ini digunakan untuk sizing & calculating : control valves, flow elements, dan relief devices, fluid properties, pipe pressure loss, liquid waterhammer. (tetapi bisa digunakan untuk sizing lebih dari 50 instrument lainnya). Fitur2 pelengkapnya adalah : membuat data sheets dari calculation, membuat summaries dan reports dan juga menampilkan graphic dari calculationnya. Pada version 6.2 ini, ada tambahan : Graphic perhitungan Control Valves dan Flow Elements. – graphic juga bisa di print out. Graphic2 Control Valves : valve Cv and flow; valve pressure drop and flow; linear trim; and, equal percent trim. Graphic2 Flow Element: flow and differential.

Tanya – Aldie

Dear rekan2 milis,

Mau tanya ni, kalo Instrucalc itu dalam bidang migas digunain untuk apa aja ya, apa ada rekan2 yg pernah menggunakan software ini?
Kalau ada, bisa minta tolong kasih contoh kasus nyata penggunannya seperti apa ngga?
Thanks sebelumnya.

Tanggapan 1 – amir lng

Setahu saya software ini utk peralatan isntrument spt sizing valve, PSV dll berdasarkan jenis fluida dan paramater lainnya.

Tanggapan 2 – Joseph RS

Dear Pak Aldie,

Mohon maaf bila informasi yang akan saya berikan ini terlalu general atau kurang specific.

Version terakhir dari InstruCalc. adalah 6.2 – dikeluarkan tahun 2006.

Saya hanya tahu sedikit mengenai software ini, karena saya bukan pengguna / user.

Basically software ini digunakan untuk sizing & calculating :

control valves, flow elements, dan relief devices, fluid properties, pipe pressure loss, liquid waterhammer. (tetapi bisa digunakan untuk sizing lebih dari 50 instrument lainnya)

Fitur2 pelengkapnya adalah : membuat data sheets dari calculation, membuat summaries dan reports dan juga menampilkan graphic dari calculationnya.

Pada version 6.2 ini, ada tambahan :

Graphic perhitungan Control Valves dan Flow Elements. – graphic juga bisa di print out.

Graphic2 Control Valves : valve Cv and flow; valve pressure drop and flow; linear trim; and, equal percent trim.

Graphic2 Flow Element: flow and differential.

Dan masih banyak lagi informasi2 yang bersifat technical.

Untuk informasi lebih lanjut (atau bila bapak memerlukan software ini), silahkan japri ke saya.

Tanggapan 3 – Nugroho Wibisono

Pak Aldie,

Saya mencoba menambahkan dari apa yang sudah dipaparkan pak Joseph.

Field instrument device memerlukan untuk dikalkulasi supaya sesuai dengan kebutuhan proses dilapangan. Supaya anda bisa mengkalkulasi, maka diperlukan data proses (mis: tekanan, temperature, dll) untuk kemudian dikalkulasi dengan metode-metode yang sudah ada diprogram dalam instrucalc.

Dalam perancangan instrumentasi di pabrik (plant) baru, seperti layaknya membuat baju baru, anda perlu mengukur badan anda terlebih dahulu, dan kemudian bisa dihitung berapa banyak kebutuhan kain untuk baju anda. Baju yang terlalu besar ataupun terlalu kecil tidak akan nyaman digunakan bukan? Nah, demikian juga diperancangan instrumentasi, anda membutuhkan data proses untuk dihitung dan bisa ditentukan seperti apa spesifikasi instrumentasi anda.

Ketika pabrik itu sudah berjalan beberapa tahun, mungkin data-data prosesnya sudah mulai berubah. Kalau di industri Migas, kondisi sumur mulai menurun, tekanan sudah tidak sebesar dulu, dlsb. Sama halnya dengan contoh membuat baju tsb., mungkin setelah beberapa tahun, ukuran tubuh anda membesar (atau malah mengecil karena terlalu kerja keras banting tulang? hehehe), sehingga baju anda tidak cukup lagi, sehingga perlu diukur lagi, diperkirakan kebutuhan kain yang mencukupi untuk ukuran tubuh yang berbeda. Dalam perancangan instrumentasi, anda membutuhkan data proses yang baru, dan kebutuhan instrumentasi bisa jadi berbeda sehingga perlu penyesuaian/modifikasi atau bahkan beli instrumen baru.

Pada intinya, Instrucalc berfungsi seperti kalkulator pasar saja, hanya membantu dalam tahap perhitungan. Keputusan akhir, masuk akal tidaknya perhitungan dan ‘akal2annya’, ya terpulang pada engineer-nya masing2.
Mudah2an membantu.

Tanggapan 4 – priyo_a_s

Pak Aldie

Saya pernah menggunakan software ini untuk aplikasi perhitungan untuk PSV, Control Valve serta Flow Element.

Selama kita mengetahui filosofi dari PSV, Control Valve serta flow element, kita pasti bisa menggunakan software ini.

Cukup mengisikan beberapa parameter yang dibutuhkan oleh software ini, maka software ini dapat berfungsi dengan baik.