Selection type Heat exchangers antara yang plate dan shell and Tube pertimbanagnnya antara lain: – Space atau tempat yang tersedia… untuk PHE tentu space yang dibutuhkan akan lebih kecil dibanding shell and Tube. PHE lebih memakan space vertikal ke atas sedangkan Shell 7 Tube ke arah horizontal; – LMTD untuk PHE bisa mendekati 1 sedangkan shell and tube,, imposible untuk medekati 1; – Dimensi dan berat PHE lebih ringan dibanding shell and tube pada kapasitas yang sama; – Heat Transper PHE lebih baik dibanding and shell and tube; – working Presure shell and tube lebih baik di banding PHE.

Tanya – patra putra

Dear Rekan Rekan Milis,

Mohon pencerahannya, bila kita ingin memilih antara Plate HE atau Shell and Tube HE, Kira kira apa saja yang harus dikonsiderasi.
Selain Harga. bila Fluida yang didingainkan Demineralized water, dan Fluida pendinginnya adalah Sea Water Intake

Bila Ada vendor yang yang berkompeten, mungkin dapat mengirimkan Data Teknisnya melalui, Jalur Pribadi (JaPri).

Terima Kasih Atas Perhatiannya.

Tanggapan 1 – fuad mubaraq

Dear Pak Patra,

Selection type Heat exchangers antara yang plate dan shell and Tube pertimbanagnnya antara lain:

– Space atau tempat yang tersedia… untuk PHE tentu space yang dibutuhkan akan lebih kecil dibanding shell and Tube.
PHE lebih memakan space vertikal ke atas sedangkan Shell 7 Tube ke arah horizontal.

– LMTD untuk PHE bisa mendekati 1 sedangkan shell and tube,, imposible untuk medekati 1.

– Dimensi dan berat PHE lebih ringan dibanding shell and tube pada kapasitas yang sama.

– Heat Transper PHE lebih baik dibanding and shell and tube

– working Presure shell and tube lebih baik di banding PHE…

Demikian sekilas yang saya ketahui sebagai vendor PHE

Tanggapan 2 – ‘ikhsan’

Dear All,

sekedar menambahkan.

Jika service yg didinginkan WD sebaiknya dgn type closed cooling system krn untk penghematan water nya ,hanya butuh maintain quality WD nya dgn penambahan obat sekelas NO2 base.
Untuk pendinginnya sea water, perlu di consider treatment microbilogy contentnya & pasir/partikel tersuspensi. Dalam hal ini butuh pre treatment seperti fine screen+strainer(better auto), karena jika carry over dan tumbuh kerang akan berpotensi menyayat PHE nya. Vendor PHE akan kebagian order termasuk rubber gasket yg special. So, bisa di timang2 plus minusnya.
Idea lain jika mash consider cost, sebaiknya study dgn Open cooling tower sebagai pengganti WS dimana waternya sekelas industrial water (low TDS & free tumbuh kerang), selain itu temp out system ini bisa 28 oC (tergantung temp wet bulbnya). benefit lain grade Water pump coolingnya bisa lebih rendah disbanding WSS grade.

Tanggapan 3 – ‘Alexsander Kelik R.S.’

Pak Patra, tempat saya bekerja dahulu menggunakan PHE untuk demin water cooler, media pendingin dengan sea water. Saya yakin salah satu yang dikonsider adalah delta temperature antara sea water dan temperature demin water sebesar 5 C (untuk shell n tube 10 C, mohon koreksi bila salah). Selain itu, sea water tempat kami bekerja sering kali kotor, sehingga PHE sering kali harus dibuka untuk cleaning (manual cleaning).

Semoga membantu.

Tanggapan 4 – patra putra

Terima Kasih Pak Alex dan Pak Fuad atas share-nya.

Kebetulan Tempat saya sedang menimbang pemilihan Type Plate HE.