Aktivitas pengeboran di North Sea UK jatuh 36% dari tahu ke tahun meskipun harga minyak lebih dari 100 dolar /bbl yang normalnya mendorong meningkatkan aktivitas eksplorasi.

Aktivitas pengeboran di North Sea UK jatuh 36% dari tahu ke tahun meskipun harga minyak lebih dari 100 dolar /bbl yang normalnya mendorong meningkatkan aktivitas eksplorasi.

“Ditempat lainnya di barat laut Eropa, buoyant oil price ini telah mengendalikan level yang tinggi dari aktivitas pengeboran,” kata Graham Sadler, managing director group service petroleum Deloitte.

“Ini dapat menjadi factor, termasuk relative geological maturity dari sector UK, dibandingkan dengan beberapa wilayah yang berdekatan, dan perubahan yang dibuat untuk fiscal regime di UK awal tahun ini memiliki dampak kepercayaan bisnis,” kata Sadler.

Pada bulan Maret, Treasury di UK menaikkan top rate tax atas profit dari produksi North Sea sebanyak 81%, kenaikan itu dikritisi oleh perusahaan minyak internasional karena mencegah untuk investasi.

Sadler mengatakan tax naik boleh jadi telah memiliki bahkan akibat yang lebih sedih pada perusahaan eksplorasi yang kecil, yang mana pada tahun-tahun terakhir telah memainkan peran utama dalam mengendalikan aktivitas di wilayah.

“Beberapa perusahaan kecil, perusahaan yang terfokus UK kemungkinan juga telah mengalami kesulitan yangmenyelamatkan finance untuk mendanai eksplorasi dan appraisal drilling pada bulan-bulan terakhir ini,” kata Sadler.

“Kombinasi dari kenaikan tax yang diumumkan pada Budget 2011 di UK dan ketidakstabilan pasar umum disekitar krisis wilayah eropa, telah mengakibatkan beberapa perusahaan tersebut kehilangan nilai korporasi penting,” kata Sadler.

“Ini mungkin telah mencegah kemampuan perusahaan-perusahaan kecil, yang saat ini memegang hektaran penting di [UK Continental Shelf], untuk membiayai program pengeboran yang direncanakan untuk tahun 2011,” kata Sadler.

North West Europe Review, Deloitte, mendokumentasikan drilling dan licensing di UKCS, mengatakan 16 sumur dimulai antara 1 Juli dan 30 September.

16 sumur mewakili kenaikan 45% dari 11 sumur yang dimulai pada quarter kedua. Tetapi, 16 sumur menghitung juga 36% lebih sedikit daripada selama periode yang sama pada tahun yang lalu.

Sejumlah total dari sumur yang dibor sejauh ini pada tahun 2011 bertahan pada 37, 41% turun dalam periode sama pada tahun lalu dan mewakili sejumlah sumur terendah yang dibor selama periode ini sejak tahun 2003.

Dengan perbedaan itu, sector North Sea di Norwegia melihat 16 sumur dimulai pada qurter ketiga 2011, yang mana sejumlah sumur berlipat ganda dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

16 sumur baru sama dengan penghitungan selama tahun 2009 melihat level tertinggi dari aktivitas pengeboran di Norwegian Continental Shelf pada saat itu.

Sumber: www.ogj.com