Definisi mengenai permeabilitas memang agak membingungkan bagi yang belum biasa, kadang-kadang menimbulkan salah pengertian. Permabilitas BUKAN BESARAN kemampuan FLUIDA untuk mengalir dalam batuan. Permeabilitas adalah SUATU UKURAN KEMAMPUAN BATUAN UNTUK MELALUKAN (mempersilakan lewat) FLUIDA (liquid atau gas) dalam media berpori atau suatu pipa.

Tanya – Risang Raheditya

Rekan2 KMI,saya mau tanya:

-apakah minyak pelumas (turbin lube oil) memiliki nilai permeabilitas?

-jika YA adakah yg tahu berapa besar nilai permeabilitasnya tsb.

Tanggapan 1 – Heru Danardatu

Pak Risang,

Setahu saya, permeabilitas itu sifat batuan atau media berpori.
Bukan sifat fluidanya,.

Jadi jawabannya: tidak.

Tanggapan 2 – Pahala Dominicus Sinurat

Dear Pak Raheditya;

Semoga bisa sedikit membantu dan mohon dikoreksi jika ada kesalahan.

Di dunia migas permeabilitas adalah suatu besaran yang menunjukkan kemampuan fluida untuk mengalir di dalam batuan. Satuannya milidarcy (Darcy adalah orang pertama yang mengemukakan konsep aliran fluida di media berpori/batuan untuk problematika rembesan air di daerah belokan aliran sungai). Ketika lebih dari satu fluida menjenuhi batuan, kemampuan masing-masing fluida untuk mengalir didalam batuan disebut sebagai permeabilitas relatif, kecenderungannya selalu berbanding terbalik satu sama lain.

Karena minyak pelumas juga termasuk fluida maka tentu saja dia memiliki nilai permeabilitas yang tergantung viskositasnya dan sifat fisik matriks batuan atau media berpori yang menjadi object, akan tetapi hal ini kurang relevan dalam konteks dunia perminyakan. Umumnya nilai permeabilitas diterapkan pada air, gas, dan minyak.

Tanggapan 3 – Kuswo Wahyono

Sedikit koreksi.

Definisi mengenai permeabilitas memang agak membingungkan bagi yang belum biasa, kadang-kadang menimbulkan salah pengertian.

Permabilitas BUKAN BESARAN kemampuan FLUIDA untuk mengalir dalam batuan.

Permeabilitas adalah SUATU UKURAN KEMAMPUAN BATUAN UNTUK MELALUKAN (mempersilakan lewat) FLUIDA (liquid atau gas) dalam media berpori atau suatu pipa.

Permeabilitas dinyatakan dalam Darcy (D) atau miliDarcy (mD).

1 Darcy ialah ukuran kemampuan batuan untuk melalukan fluida pada kecepatan 1 cm3/detik dengan viskositas 1 centipoice melalui penampang pipa/pori 1 cm2 sepanjang 1 cm, pada perbedaan tekanan sebesar 1 atmosfir.

Permeabilitas absolut: adalah permeabilitas batuan dimana dalam pori-pori hanya berisi oleh 1 jenis fluida saja.

Permeabilitas efektif: adalah permeabilitas batuan untuk salah satu jenis fluida, dimana dalam pori-pori berisi lebih dari 1 jenis fluida (multi fasa).

Permeabilitas relatif: adalah perbandingan permeabilitas efektif suatu fluida terhadap permeabilitas absolut.

Suatu media berpori (mis. batuan) dapat diukur permeabilitasnya kalau yang dilewatkan adalah minyak pelumas, di laboratorium, sesuai dengan definiai di atas. Untuk satu jenis pelumas yang sama, besaran permeabilitas dapat berbeda kalau dialrirkan dalam media berpori yang berbeda.

Semoga sedikit bermanfaat.

Tanggapan 4 – Pahala Sinurat

Terimakasih banyak atas koreksinya Pak Kuswo. Adalah hal yang umum diketahui bahwa permeabilitas merupakan sifat fisik dari media berpori contohnya batuan. Maksud saya juga demikian, namun saya hanya mencoba mendefinisikan dengan cara berbeda, mohon maaf karena salah dalam menyusun kata-kata. Dalam hal ini saya hanya mencoba untuk berpikir bebas bahwa semua fluida yang dapat mengalir dalam media berpori dapat digunakan untuk mengukur permeabilitas dari media berpori yang dilewatinya itu, bahkan turbin lube oil sekalipun.

Pak Raheditya, mohon maaf jika penjelasan sebelumnya tidak sempurna. Pada dasarnya konsep aliran fluida dalam media berpori di bidang perminyakan mengadopsi persamaan Darcy yang awalnya tidak ada hubungannya dengan dunia perminyakan. Percobaan Darcy sangat sederhana dan object-nya bukan batuan hanya sand pack/filter didalam sebuah silinder yang dilengkapi manometer diatas (inlet) dan dibawahnya (outlet). Pada setiap object Darcy selalu menemukan suatu konstanta pada berbagai laju alir dan perbedaan tekanan (plot linier antara keduanya). Persamaannya dibuat secara empiris dan konstanta yang ditemukan itulah yang kemudian disebut sebagai permeabilitas dengan satuan menggunakan namanya (Darcy atau miliDarcy).

Terlampir sedikit referensi mengenai konsep awal permeabilitas, semoga bisa menjadi tambahan informasi dan bermanfaat.

Tanggapan 5 – Risang Raheditya

Yang saya bingungkan adalah:

dari beberapa referensi kenapa ada harga permeabilitas dari udara, air, dan ruang hampa?jika definisi permeabilitas merupakan sifat fisik dari media berpori?