Pelumas grade 15 W (W dari winter), adalah pelumas ini didesain untuk mampu bertahan pada lingkungan temperatur rendah, jadi memiliki pour point yang rendah pula. Atau secara fisik pada temp rendah oli tidak mengental atau bahkan beku. Jadi pada temp. rendah pelumas tetap dapay disirkulasikan dan melakukan fungsi pelumasan dengan baik. Sedangkan grade 40 (untuk summer), di desain untuk mampu bertahan pada temperatur lingkungan yang panas, sehingga pada temp tinggi pelumas tidak kehilangan kekentalannya atau bahkan menguap atau terbakar.

Tanya – Yeri Kurniawan

Rekan-rekan Migas Yth,

Saya sudah lama tidak berkecimpung dengan spesifikasi Oli.
Ada yang bisa men-share literatur nggak mengenai makna 15, W, dan 40 pada kode oli SAE tersebut di atas.

Tanggapan 1 – Donald

Sekalian ikut nimbrung untuk menambahi pertanyaan Sdr. Yeri… Ada ngak yang punya pengalaman pakai oli Fastron SAE 10W-40.

Tanggapan 2 – Hadi subiantoro

apa ndak terbalik … 15 w viskositas pada temp rendah – 40 pada temperatur tinggi ( jadi encer pada temperatur rendah alias tidak membeku, lebih encer pada temperatur tinggi ) bukannya 15 encer 40 kental …. kalo gitu gimana dong pelumasan dalam putaran tinggi kalo olinya lebih kental..

Tanggapan 3 – Ilham B Santoso

Pelumas grade 15 W (W dari winter), adalah pelumas ini didesain untuk mampu bertahan pada lingkungan temperatur rendah, jadi memiliki pour point yang rendah pula. Atau secara fisik pada temp rendah oli tidak mengental atau bahkan beku. Jadi pada temp. rendah pelumas tetap dapay disirkulasikan dan melakukan fungsi pelumasan dengan baik.

Sedangkan grade 40 (untuk summer), di desain untuk mampu bertahan pada temperatur lingkungan yang panas, sehingga pada temp tinggi pelumas tidak kehilangan kekentalannya atau bahkan menguap atau terbakar.

Jadi kalau kedua grade pelumas dicampur (di bantu dengan aditive Viscousity Index Improver) maka akan diperoleh pelumas yang kekentalannya relatif stabil (tidak banyak berubah) dari pengaruh lingkungannya. Pada temp dingin tidak terlalu kental atau beku dan pada temperatur tinggi tidak terlalu encer atau terbakar atau dengan kata lain pelumas memilik Viscousity Index (VI) yang tinggi.

Semoga membantu.., CMIW.