Saya sedang merancang HE, type Shell & Tube (ST) dan Plate HE (PHE). Akan tetapi saya belum ada reff. mengenai penentuan Over all design heat transfer coeficien (Ud). Berdasarkan informasi brosur salah satu vendor bahwa perbandingan nilai Ud antara PHE dan ST adalah 3 sampai 5 kali. Adakah referensi lain ?Mohon pencerahannya mengenai permasalah di atas.

Tanya – Ashari

1. Saya sedang merancang HE, type Shell & Tube (ST) dan Plate HE (PHE) . Akan tetapi saya belum ada reff. mengenai penentuan Over all design heat transfer coeficien (Ud). Berdasarkan informasi brosur salah satu vendor bahwa perbandingan nilai Ud antara PHE dan ST adalah 3 sampai 5 kali. Adakah referensi lain ?Mohon pencerahannya mengenai permasalah di atas.

2. Mohon informasi mengenai data Ud untuk anorganic fluid ( eg. NaOH, H2SO4, HCl, dll)

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Tanggapan 1 – Imam Mahmudi

Nilai Ud untuk PHE adalah 1/U = 1/h(med1) + 1/h(med2) + 1/k (plate) Konduktivitas thermal untuk stainless steel adalah sekitar 16.9 m-1 K-1.

Keuntungan PHE dibanding dengan shell and tube antara lain sbb:

a. Kebutuhan tempat lebih hemat:

Karena konstruksinya yang compact memnungkinkan PHE mempunyai berat dan membutuhkan instalasi yang bisa dihemat sampai dengan 80% dari pada shell and tube (ST).

b. High heat-exchange capacity:

Plate dari PHE di stamping membentuk channel aliran yang sempit yang membuat aliran menjadi turbulence. Aliran addying yang terus-menerus membuat tingginya heat transfer coefisient dan penetrasi temperatur yang cepat dalam media.

c. Low refrigerant filling quantities:

Kuantitas isi dari PHE sedikit, tergantung pada konstruksi dan kapasitas HE. Hal ini sangat berguna khususnya pada pemakaian fluida ammonia, obat-obatan, minuman dll.

d. Low fouling tendency:

Karena alirannya adalah dominan eddying, partikel-partikel kotoran berada pada kondisi terus-menerus mengalir terus mengalir, lebih baik dari pada heat exchanger konvensional. High shearing forces at the smooth, heat transferring walls minimize the deposition of fouling layers and thus generate a very good self-cleaning effect.

e. High Corrosion Resistance:

Material gasket dan plate dipilih dengan mempertimbangkan temperatur dan korosivitas media yang melalui heat transfer proses. Plate hanya dibuat dari stainless steel kualitas tinggi dan campuran khusus.

f. Modular construction system:

Semua part PHE adalah komponen standart.

g. Simple maintenance:

PHE sangat mudah dibuka untuk inspeksi, dengan mengendorkan bolt pengencan. Plate dapat dibersihkan langsung, memungkinkan untuk mengganti satu atau dua plate secara mudah. Seals dapat dipasang tanpa menggunakan lem perekat dan dapat diganti secara mudah untuk kepentingan maintenan.e fastened without adhesive are used, they can be easily replaced in the course of routine maintenance-procedure.

h. Price:

Point point di atas menjadikan effek positif pada biaya pengadaan dan biaya operasional.

Tanggapan 2 – Candra, AMD AMD

Dear P’ Ashari

Dulu saya pernah merancang HE dengan tube, untuk referensinya bapak bisa lihat pada buku incrofera disitu ada semua apa yang bapak butuh kan tersebut.