Fungsi dari car sealing adalah untuk mengunci/menyegel valve pada posisi ‘open’ maupun ‘close’ sehingga dikenal istilah car seal open (CSO) dan car seal close (CSC). Di tempat kami carsealing menggunakan wire yang digembok sehingga tidak bisa dirubah posisinya. Penggunaan CSC dan CSO tergantung dari philosophy operasi dari valve tersebut. Misalnya kita memasang CSO pada block valve di downstream dari PSV.

Tanya – Feri Sulistyo Nugroho

Rekans,

Apakah ada yang tahu istilah carsealing & fungsinya yang digunakan pada
ball valve ?

Trus design-nya kayak apa ya ?

Atas info rekans semua, saya ucapkan terima kasih,

Tanggapan 1 – el jas

Maksudnya carseal? Kalau ini yg dimaksud gunanya seperti segel pada box meteran PLN.

Tanggapan 2 – Fathor Rosi

Pak Feri,

Mungkin yang dimaksud bapak car seal ? Kalo itu yang dimaksud, car seal itu berfungsi sebagai locking device kayak pad lock atau sama kayak rantai, cuman kalo car seal terbuat dari plastic dan cara bukanya dengan cara diputus. Itu sebagai safety pada valve sehingga tidak semua orang bisa mengop[erasikan karena untuk mengeoperasikan valve itu, baik buka atau nutup, harus memutus car seal itu terlebih dahulu.Kalo di PID biasa di kasih symbol CSC atau CSO (car sealed closed atau car sealed opened).
Bentuk barangnya hampir sama dengan pengikat kabel yang sering kita temui di mobil atau di rumah kita

Untuk lebih jelasnya, bapak bisa search di google.

Semoga bisa membantu.

Tanggapan 3 – Mahyudanil

Pak Feri,

Sejauh yang saya ketahui fungsi dari car sealing adalah untuk mengunci/menyegel valve pada posisi ‘open’ maupun ‘close’ sehingga dikenal istilah car seal open (CSO) dan car seal close (CSC). Di tempat kami carsealing menggunakan wire yang digembok sehingga tidak bisa dirubah posisinya. Penggunaan CSC dan CSO tergantung dari philosophy operasi dari valve tersebut. Misalnya kita memasang CSO pada block valve di downstream dari PSV.

Tanggapan 4 – Feri Sulistyo Nugroho

Terima kasih atas informasi rekan2 semua.
Setelah saya lihat kondisi lapangan, info dari rekan-rekan sangat valid.
Sekali lagi thanks for all.