FRP adalah struktur matrix polymer yang tersusun atas fibers atau reinforcing material lainnya(CaO, TiO2, dll). Bisa terdiri dari E-glass, C glass seperti di atas. Banyak jenis FRP diluaran dan umumnya memakai formula tersendiri sehingga punya sifat lebih di bandingkan material sejenis atau material logam (yg mudah karat, kurang elastis, dll).

Tanya – a.hendrosusilo@ptsofresid

1. Saya ingin tahu definisi glass C, E, R pada FRP ( Fiberglass Reinforced Plastics) ?2. Kegunaan dan Penggunaan tiap glass -nya ? 3. Kegunaan dan Penggunaan FRP apa ajah sih?

Tanggapan 1 – ardiann@unocal

Urun rembug Pak, karena pertanyaannya smart sekali.

1) & 2). E glass: Enya untuk electrical.

C glass: Cnya untuk Chemical.

R glass: Rnya untuk Reinforced.

E glass mengandung low alkali oxide, cucok untuk penggunaan di elektrikal filamen. Sifatnya: Insoluble in hydrochloric acid; sg 2.54 g/cc; melting point 1555°F (846°C); ri: 1.547.

C glass : tahan terhadap asam. Biasanya untuk glass wool atau insulation. Sg= 2.49 g/cc; melting point 1380°F (749°C). Bisa juga untuk roofing.

R glass: reinforcement (tahan terhadap alkali), punya sifat yg kuat karena tahan terhadap 20 kali beratnya. Umumnya, harganya mahal.

Yg membedakan tipe glass di atas adalah: kandungan SiO2.

3). FRP adalah struktur matrix polymer yang tersusun atas fibers atau reinforcing material lainnya(CaO, TiO2, dll). Bisa terdiri dari E-glass, C glass seperti di atas. Banyak jenis FRP diluaran dan umumnya memakai formula tersendiri sehingga punya sifat lebih di bandingkan material sejenis atau material logam (yg mudah karat, kurang elastis, dll).

Penggunaan FRP di Oil and Gas diantaranya: fire water line, fire water deluge, fresh water line, cooling water, chemical, ballast water, etc.

Saya pernah ngundang rekan dari Fiberspar, malahan product mereka disebut sebagai ‘smartpipe’ bisa buat production/ coiled tubing.

Tanggapan 2 – hnbahar@rasgas

3. Kegunaan dan Penggunaan FRP apa ajah sih?

Pada industri Migas, salah satu penggunaannya adalah untuk pipa air laut. FRP sangat tahan terhadap korosi yg disebabkan oleh air laut. Sayangnya bahan ini tidak ekonomis dibandingkan dengan cement lined carbon steel pipe. Menurut hitungan orang project, aplikasi FRP biasanya digunakan pada pipa diameter 4′ s/d 16′ atau bahkan 24′. Diatas diameter tsb, cement lined c/s pipe sangat reasonable.
Selebihnya dikirim lewat japri.

Tanggapan 3 – purwantom99

Saya adalah seorang mahasiswa Teknik mesin. Sekarang saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang Unbonded Flexible pipes yang dipakai untuk flowline (static aplication). Tema TA saya termasuk baru jadi tidak mudah mencari bahan referensinya.Referensi yang terkait dan SUDAH saya peroleh adalah:

API 17J Specification for Unbonded Flexible pipe

API RP 17B. Recommended Practice of Flexible Pipes

dan bebarapa paper, tesis, serta bebrapa prosiding. Referensi yang sudah saya dapatkan masih sangat minim. Saya sangat membutuhkan buku-buku,terutama handbook dan manual untuk design dan operation. Apakah ada Teman-teman di Milis ini yang memilki referensi Untuk TA saya ? Atau tempat untuk membeli buku2 tentang flexible pipe Online ?