Tehnik pengelasan Cast Iron memang cukup sulit, apa lagi memperbaiki yang rusak karena pemakaian dan termakan usia ,paling tidak : 1. Penentuan Welding Process ( mungkin TIG/MIG); 2. Pemilihan Electrodes; 3. Welder; 4. Persiapkan beberapa WPS ( saya katakan beberapa krn mungkin ada yg perlu Preheat/Tidak dan beberapa tehnik lainnya ); 5. Coba lihat AWS D11.2 dan ASTM.

Tanya – Yadin Setiadi

Ditempat kami banya peralatan yang rusak(pecah/retak) pada casing maupun blok mesin.

Namun karena material part tersebut dari cast iron (bahasa bengkelnya ‘ancuran’ maka kami kesulitan untuk mengelasnya.

Mohon sarannya untuk pengelasan material ini(teknik pengelasannya ataupun standarnya.

Tanggapan 1 – ‘Arbie’

Wooow tehnik pengelasan Cast Iron memang cukup sulit Mas…,apa lagi memperbaiki yg rusak krn pemakaian dan termakan usia ,paling tidak masukan dari saya :

1. Penentuan Welding Process ( mungkin TIG/MIG)

2. Pemilihan Electrodes

3. Welder

4. Persiapkan beberapa WPS ( saya katakan beberapa krn mungkin ada yg perlu Preheat/Tidak dan beberapa tehnik lainnya )

5. Coba lihat AWS D11.2 dan ASTM

6. Atau Ganti baru aja heheheee…

Mungkin ada rekan lain yg mau menambahkan dan Maaf klo kurang lengkap krn masih ABG welding…

Tanggapan 2 – Nis Daniel

sedikit yang saya tahu, untuk pengelasan cast iron, heat input sangat kritikal, pre-heat, post heat, interpass temperature bahkan pre-heating sebelum gerinda sangat disarankan, saya pernah mengalami susahnya, baru jalan 2 – 3 layer sudah krak krek krok (crack) sangat disarankan agar inspectornya monitor terus tanpa berhenti terutama untuk masalah heat inputnya, dan juga masalah pemilihan electrodenya.

Tanggapan 3 – jagoanneon11

Menambahkan dari penjelasan yg pak Nis Daniel sdh disampaikan.

Utk pengelasan besi cor, baik utk sambungan maupun weld built-up mgkn perlu diperhatikan beberapa hal berikut :

1. Jenis material besi cor, apakah kelabu, nodular, maliabel

2. Pemilihan electrode, biasanya dipakai electrode dg base Ni tetapi kembali disesuaikan dg jenis besi cor

3. Pemilihan desain sambungan, usahakan dg desain J, atau U

4. Pemanasan mula (pre heat) sgt penting utk besi cor utk menghindari retak akibat penyusutan

Utk pemilihan electrode tiap produk bisa dicek pd brosur mereka. Biasanya pabrik electrode memberi info lengkap produknya di brosur ato manualnya.

Semoga bs membantu.

Tanggapan 4 – Rio Hendiga

Sekedar share, dulu waktu masih jadi teknisi pernah dapet kasus casing blok mesin CNC atau lebih tepatnya blok pada gearbox pernah pecah. Saat mau di weld permasalahannya kita tak tahu jenis material seperti apa barang itu, tahunya besi cor aja, kandungan yang lain juga tak tahu karena tak ada di dalam manual book, vendor juga tak tahu ( mungkin pura-pura tak tahu ). Sedangkan mesin harus secepatnya running, terpaksa kita akali pakai ilmu alam ( pengalaman dan kira-kira / feeling ).

Blok tsb saat kita gerinda untuk bikin bavel, kita hafalkan bentuk,warna dan percikan api gerinda tsb. Lalu kita bandingkan dg beberapa pilihan electrode untuk cast iron tsb yg setelah dileburkan / weld pada beberapa bagian yg tak penting di block tsb lalu kita gerinda dan timbul percikan api, lalu kita pilih leburan dari electrode mana yang kira-kira cocok. Setelah itu kita pilih yang kira-kira hasil percikannya sama dg percikan api gerinda block tsb, lalu kita weld ( double V joint ) seingat saya pakai pre heat juga ( local ). Alhamdulillah sampe sekarang setelah 5 th juga tak apa-apa. Tapi mungkin akan lain perlakuannya jika yang pecah seperti misalnya block mesin , sepertinya mendingan langsung ganti baru aja deh.

Tanggapan 5 – Firman Bhaktiwinaya

Pak Rio,

Just info aja bicara Besi cor, itu banyak jenisnya. Kemungkinannya material blok mesin Bapak itu dari jenis FC bisa FC 25 atau FC 30…

Tapi memang berbicara pengelasan yang paling mudah adalah konsultasi dengan elektroda manuufaktur. Karena sebelum kita, mereka sudah terlebih dahulu melakukan penelitian. Yang bisa kita lakukan adalah mencari tau jenis material dari besi cor kita. Terutama berapa besar dari unsur Carbon dan Carbon equivalentnya karena akan mempengaruhi prreheat dan interpass temperature pada saat weldingnya.

Tanggapan 6 – Dirman Artib

Apa objectives dari penanya mengelas besi cor?

Apakah sekedar tindakan emergency/sementara sebelum spare part baru datang,………. atau memang benar-benar ada pekerjaan membuat produk yg berbahan besi cor?

ataukah mengharapkan tingkat integrity produk yang direpair akan sama dgn produk baru?

Pertanyaan di atas harus dijawab dulu, karena diskusi seputar parameter welding belum tentu efektif.

Pengertian dan makna ‘Material Weldability’ adalah sesuatu yang cukup komplek, sebaiknya semua kita-kita baca ulang dulu clause 10.9.1 dan clause 10.9.2 dari API RP 577 untuk memberi perspektif, dan gambaran berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memastikan ‘Material Weldability’.

Tanggapan 7 – Roy S Rusdy

Dear all,

Saya sangat setuju dengan point point penjelasan pak gathot mengenai pengelasan cast iron atau istilah umum nya besi cor. Preheat sangat penting, dan juga mengenai penggunaan cast iron yang tepat lebih bagus ditanyakan langsung ke vendor yg bersangkutan.

Eletrode yang di gunakan mungkin perlu lebih ke specialty eletrode.

Kami bisa membantu bapak mengenai info tentang cast iron/eletrode yang cocok (specialty) dikarenakan bidang kami bergerak dalam jasa penyediaan cast iron specialty.

Juga dalam specialty Grease dan Oil buat industri.

Untuk lebih jelasnya silahkan yang berminat info via japri saja.

Semoga membantu,