SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) telah mengalami perubahan generasi, dimana pada awalnya Design sebuah SCADA mempunyai satu perangkat MTU (Master Terminal Unit) yang melakukan Supevisory Control dan Data Acquisition melalui satu atau banyak RTU (Remote Terminal Unit) yang berfungsi sebagai (dumb) Remote I/O melalui jalur komunikasi Radio, dedicated line Telephone dan lainnya.

Tanya – Gibson Hutapea

Selamat pagi,

Mohon bantuannya mungkin saya dapat diskusi untuk pengembangan sistim SCADA dilingkungan Pertamina. Apakah sistim scada sudah termasuk generation, transmission dan distribution system ?. Dalam sistem Generation apakah upaya dilakukan untuk pengembangannya ?. Dengan keberadaan Steam power generation, fasilitas apa saja yang diperlukan untuk di upgrade agar dapat sesuai dengan Scada ?. Dalam sistem distribusi kami sudah di upgrade proteksinya secara electronic dengan versi Modbus sehingga dapat dikontrol langsung via Gateway dan server oleh operator melalui MMI ( Man Machine Interface ) yang fungsinya adalah mirip mini SCADA. Dari keberadaan sistem yang ada bila ada saran dari rekan – rekan, bagian apakah yang harus diupgrade sehingga tujuan akhir dari sistem dapat terukur realibility operasional dan cost of production.

Tanggapan 1 – ‘Waskita Indrasutanta’

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) telah mengalami perubahan generasi, dimana pada awalnya Design sebuah SCADA mempunyai satu perangkat MTU (Master Terminal Unit) yang melakukan Supevisory Control dan Data Acquisition melalui satu atau banyak RTU (Remote Terminal Unit) yang berfungsi sebagai (dumb) Remote I/O melalui jalur komunikasi Radio, dedicated line Telephone dan lainnya.

Generasi berikutnya, membuat RTU yang intelligent, sehingga fungsi local control dilakukan oleh RTU di lokasi masing2 RTU, dan MTU hanya melakukan supervisory control yang meliput beberapa atau semua RTU. Dengan adanya local control, Operator harus mengoperasikan masing-masing local plant dan membutuhkan MMI local. Banyak pabrikan yang mengalihkan komunikasi dari MTU ßà RTU ke tingkatan MMI (Master) ßà MMI (Remote) melalui jaringan microwave atau satelit. Ada juga yang mengimplementasi komunikasinya pada tingkatan RTU, karena berpendapat bahwa kita tidak bisa mengandalkan system pada Computer, dan komunikasi pada tingkatan Computer (MMI) membutuhkan bandwidth yang lebar dan mahal.

Dengan majunya teknologi Intranet dan Internet saat ini, concept SCADA diatas berubah menjadi lebih sederhana dan memanfaatkan infrastruktur Intranet yang pada saat ini umumnya sudah dibangun oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Pertamina. Apabila ada daerah-dareah atau wilayah yang belum terpasang infrastruktur Intranet, saat ini dipasaran banyak bisa kita dapatkan Wireless LAN device yang bisa menjangkau jarak sampai dengan 40 km (tanpa repeater) dengan harga relatif murah.

Setiap Remote Area dengan sistem kontrol-nya masing2 yang sudah dilengkapi dengan OPC (OLE for Process Control; OLE = Object Linking & Embedding) Server, bisa memasangkan suatu Industrial Web Server dengan Teknologi XML yang kemudian bisa dengan mudah di akses dengan Web Browser biasa seperti yang kita gunakan untuk Internet Browsing seperti MS Internet Explorer, Netscape, dsb. Dari Web Browser ini kita bisa mendapatkan semua tampilan seperti pada layar MMI local, atau dibuatkan tampilan sendiri sesuai kebutuhan. Kontrol tetap bisa dilakukan melalui Web Browser ini sebagaimana layaknya MMI di lokasi local.

Untuk sekuriti, system harus kita lengkapi dengan Router yang hanya mem-publish Web Server ke WAN (Wide Area Network) untuk mengisolir hacker untuk mengganggu Control System pada Control Network kita di lokasi masing2. Industrial Web Server juga dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas sekuriti, seperti login name dengan password, menentukan komponen mana yang perlu di-publish dan mana yang ‘read only’, mana yang bisa dilakukan ‘control’ dari remote, dan sebagainya.

System seperti ini populer dengan sebutan Remote Application Control System (RACS), yang makin digemari orang, karena sebenarnya hal seperti inilah yang dibutuhkan pada waktu kita akan memasangkan suatu SCADA system. Idealnya, seluruh Pertamina mulai dari EP dengan TMG-nya, UP dengan banyak Unit Daerahnya, PDN dengan jaringan Distribusi dan Pemasarannya, dengan mudah bisa di-integrasikan melalui teknologi Intranet dan Internet. Bahkan kita bisa me-launch Web Server kita ke jaringan Internet yang otomatis bisa kita akses dari manapun di seluruh dunia.

Saya tidak bisa menulis terlalu detil disini, apabila Pak Gibson mempunyai pertanyaan umum silahkan melalui milis ini, kalau ada yang spesifik silahkan melalui japri (jalur pribadi).

Tanggapan 2 – ‘EKW Yahoo’

Menarik sekali diskusi yang tumbuh di kalangan juragan minyoak di miliz ini….ayo orang proses kapan anda muncul menyusul?

Banyak hal tentang proses yang belum terungkap, misalnya bedanya CO2 removal dengan membran dan system yang lain, juga belum terlihat pembahasan tentang environmental.

Jangan-jangan sudah ada tetapi diblok oleh bapak moderator yang notabene jagonya instrumen he he he he he he becanda dink…

Tanggapan 3 – ‘burip’

Pak Waskita,

Produk SCADA dan dengan generasi barunya, seperti yang bapak jelaskan sangat menarik bagi saya, saya bergerak di bidang komunikasi satelit dan sekaligus Internet Provider dalam tahap perkembangannya melayani banyak perusahaan minyak. Dalam kesempatan ini kami tawarkan pada bapak untuk uji coba integrasi produk bapak tersebut dengan perangkat kami, kemudian kita setting waktu dengan prospek yang berminat untuk demo. Siapa tahu Bapak-2 yang lain nanti tertarik juga dengan layanan total solusi dalam proses industri ini. Bagaimana bapak yang lain ? setujukah ?

Tanggapan 4 – ‘Waskita Indrasutanta’

Saya barusan menjawab tawaran Pak Burip melalui japri karena saya pikir
kurang berhubungan dengan rekan-rekan lain.
Isinya: Sebagai Solution Provider dan Systems Intergrator kami tidak punya
produk yang akan di demo kan. Walaupun demikian kita mencoba untuk bertemu
di darat untuk berdikusi implementasinya dengan fasilitas Patrakom.

Apabila secara konseptual kita bisa bertemu, saya akan meminta para
affiliate kami untuk meng-consign produk-produknya untuk diuji coba. Kalau
berhasil dengan baik, tentunya akan kami beritakan pada milis ini agar bisa
disaksikan oleh rekan-rekan migas. System overview drawing sudah saya buat
dalam bentuk powerpoint slides yang akan saya posting bersama artikel yang saya janjikan.

Terimakasih buat sanjungan Pak Budhi, tapi malu ah di milis ini. Memang tujuan saya menulis email yang lalu agar perbedaan sudut pandang antara Telekomunikasi, IT dan Industrial Systems bisa membuka wawasan yang mempunyai sudut pandang yang sama.