AGA Report 9 (Measurement of Gas by Multipath Ultrasonic Meters) adalah spesifikasi performance-based untuk meter ultrasonik dalam pengukuran aliran gas. AGA 9 secara umum ditujukan untuk aplikasi pengukuran aliran gas alam.

Tanya – Widy

Dear All,

I’m in need of your support.Is AGA 9 standard applicable only for gas custody measurement or can it be used for normal gas flow measurement too. My application involves the flow measurement of H2S gas to flare header where we are using a ultrasonic flow meter and we are also installing PIT & TIT for flow compensation. The P&ID shows that all the signals from the field instruments are taken to DCS (Honeywell) without any multi variable transmitter/flow computer. Can the DCS perform the compensation calculation without any impact in its operation? Does the application requires a separate field mounted flow computer?

Tanggapan 1 – ‘Munir, Miftachul’

Ikut urun rembug.

Tentu AGA 9 bisa diaplikasikan meter gas fiscal atau non fiscal.

Dari cerita aplikasi diceritakan dibawah, menurut hemat kami perlu penilaian meter dan installasi flare meter dibawah ini apa sudah sesuai dg AGA atau belum.

Paling tidak secara sederhana sbb:

– Apakah meter terpasang single atau multi path, mesti-nya model multipath

– Review installasi dan hookup meter sesuai AGA#9.

– Demikian juga tapping PTI dan TIT.

– Ya, perlu flow computer melakukan perhitungan AGA#9 dan #8. Masukkan kandungan gas H2S (dan lainnya) kedalam flow computer ini.

Lain2: Tidak recommend menanam rumus perhitungan kompensasi di DCS. Hasil perhitungan flow computer bisa dikirim ke DCS. Tetapi, jika sudah terlanjur tidak punya flow computer (toh untuk aplikasi flare), maka perlu verifikasi rumus (function block) DCS dengan referensi software AGA#9/8 yang valid.

Mudah2an dapat membantu.

Tanggapan 2 – Weby

Mas Widy,

Mungkin perlu kehati-hatian dalam menjawab pertanyaan si penanya berdasarkan kasusnya. AGA Report 9 (Measurement of Gas by Multipath Ultrasonic Meters) adalah spesifikasi performance-based untuk meter ultrasonik dalam pengukuran aliran gas. AGA 9 secara umum ditujukan untuk aplikasi pengukuran aliran gas alam.

Dalam kasus penanya, sepertinya dia bermaksud untuk mengetahui bagaimana applicability dari AGA 9 untuk pengukuran aliran H2S yang berwujud gas. Sepertinya pabrik ybs mempunyai AGRU (acid gas removal unit) yang buangan gasnya dialirkan ke thermal oxidizer atau incinerator untuk dibakar. AGA 9 sendiri tidak menspesifikasikan secara normatif bagaimana spesifikasi sebuah meter terhadap gas yang mengandung H2S tinggi (atau malah semua komposisinya adalah H2S). Umumnya fasilitas perpipaan untuk gas yang mempunyai kandungan H2S tinggi mempunyai spesifikasi yang khusus dan seharusnya jika AGA 9 mencakup ini, maka material body dari ultrasonik meter dan transducer-nya juga harus tahan terhadap H2S. Kesimpulannya AGA 9 tidak mempunyai spesifikasi yang berkaitan dengan gas berkandungan H2S tinggi.

Di sisi lain, meskipun kita bisa punya kemewahan pasang flowcomputer untuk flare (ini applicable di Norway atau negara2 yang sudah menerapkan perpajakan pada gas flare, di Indonesia masih jauh lah yaw), apakah AGA Report 8 yang mengkalkulasi kompresibilitas gas dan densitas gas itu berlaku untuk gas yang mengandung H2S sangat tinggi? Kalau lihat AGA 8 lagi sih jawabannya tidak. AGA 8 sendiri sebenarnya merupakan persamaan keadaan (equation of state) yang dikembangkan untuk gas-gas dengan komposisi natural gas, yang artinya didominasi oleh metana, serta sedikit pengotor seperti CO2 (<10%) dan H2S. (FYI, AGA 8 butuh komposisi, tekanan dan temperatur untuk menghitung kompresibilitas dan densitas, orang pada umumnya mengatakan 'pressure and temperature compensation' ya ini maksudnya.)

Kalau pertanyaannya konteksnya untuk gas alam, sepengetahuan saya Honeywell punya blok kalkulasi untuk AGA 8, tapi dampaknya memberatkan CPU load. Lha, tugas Honeywell sebagai DCS malah bisa terlantar gara2 keasyikan ngitung AGA 8.

Saya sendiri belum punya pengalaman di pengukuran aliran H2S, jadi ndak tahu apa jawabannya kalau ditanya ‘what is the most suitable application for my case?’.

Mudah-mudahan membantu. Thanks.