Bapak2 & Ibu2 mungkin ada yang tahu bahan berbahaya dari coating pipa bagi kesehatan manusia? Masalahnya dekat yard saya bekerja ada MNC yang tempat penimbunan pasir coating untuk pipa yang perusahaan ini produksi hanya sejarak 5 meteran dari jalan umum. Disamping itu truk2 pengangkut coated-pipe melewati jalan umum tersebut hanya untuk menimbun pipa2 mereka (karena storage yardnya bersebelahan dengan jalan umum ini juga). Hal ini berdampak kalau cuaca sedang panas, debu berwarna merah itu berterbangan, dan jika cuaca hujan, jalan jadi licin dan jika lumpur merah ini menempel di celana susah sekali untuk dihilangkan/dicuci.

Tanya – Deni Rusvian

Selamat siang komunitas Oil&Gas,

Akhir2 ini lagi hangatnya berdiskusi masalah perpipaan, saya jadi teringat kondisi kerja saya di Batam….

Bapak2 & Ibu2 mungkin ada yang tahu bahan berbahaya dari coating pipa bagi kesehatan manusia?

Masalahnya dekat yard saya bekerja ada MNC yang tempat penimbunan pasir coating untuk pipa yang perusahaan ini produksi hanya sejarak 5 meteran dari jalan umum. Disamping itu truk2 pengangkut coated-pipe melewati jalan umum tersebut hanya untuk menimbun pipa2 mereka (karena storage yardnya bersebelahan dengan jalan umum ini juga). Hal ini berdampak kalau cuaca sedang panas, debu berwarna merah itu berterbangan, dan jika cuaca hujan, jalan jadi licin dan jika lumpur merah ini menempel di celana susah sekali untuk dihilangkan/dicuci.

Teman saya sekantor merasakan gejala gangguan pernapasan sejak yard ini begitu aktif lagi berproduksi, dimana kami setiap pagi saat brangkat dan sore sepulang kerja selalu melewati yard mereka. Saya juga tidak bisa membayangkan bagaimana pekerja2 disekitar yard itu makan/minum diwarung2 didepan jalan berdebu merah ini.

Mohon masukannya sehingga kami pun dapat dengan tenang & sehat bekerja.

Terima kasih,

Tanggapan 1 – Sapto H. Wibowo

Boleh tahu, tentang bahan yang dipakai untuk blasting (grit apa sand) kalo bahannya berupa grit, pembuangan atau penimbunan nggak boleh sembarangan, biasanya didaur ulang dulu atau dijadikan batako untuk bahan bangunan.

Tanggapan 2 – Haryono, Suharyo

Pak Sapto,

Kalau tidak salah yang dimaksudkan oleh Pak Deni adalah bahan untuk coating subsea pipeline.

Mungkin Bapak-Bapak yang di Batam mengetahui MNC mana yang dimaksud yang dekat dengan McDermott Batam.

Tanggapan 3 – Dermawan, Imam

mungkin yg dimaksud PT Bredero Price bahan coatingnya kalau yg saya dengar pasir besi yg diimpor dari brazil(CMIIW). memang menaruh pasirnya pinggir jalan.

Tanggapan 4 – Sapto H. Wibowo

Kalo sepengetahuan saya, sebelum pipa dicoating (pake cat, fiber ataupun glass flake) biasanya diblasting dulu. Adapun bahannya bermacam-macam mulai dari grit (warna hitam seperti bijih besi), sand (pasir sungai), air (hydrojetting) dan abu (fly ash blasting) yang biasanya untuk material yang sangat sensitif seperti untuk turbine.

Dari sini bahan yang lebih berbahaya adalah grit.

Tapi nggak tahu kalo pengertiannya berbeda.

Tanggapan 5 – Candra, Eddie

Kalo pasir sih mau ngga mau, apa pun jenisnya pasti berbahaya dong bagi kesehatan, mana ada pasir yang kalo kehirup malah bikin sehat?

Kalau pasir untuk blasting, setau saya Bredero nge-blast di dalem shop, jadi debunya ngga beterbangan ke jalan (ini setau saya loh). Yang jadi masalah adalah pasir untuk concrete coatingnya yang menggunung itu

Pasirnya sih biasa aja, walaupun warnanya merah (setau saya, merah bukan karena spesifikasinya atau ada bahan aditif, tapi karena di Batam pasirnya kebanyakan warna merah). Saya pernah liat concrete coating hasil dari Bredero Kuantan warnanya ngga merah ^_^.

Tanggapan 6 – Sapto H. Wibowo

Mas Eddie, meskipun blasting dikerjakan didalam workshop, apa menjamin debunya nanti nggak keluar? meskipun sedikit. Sedangkan dirumah kita saja meskipun kita nggak buka jendela atau pintu rumah debu masih bisa masuk, apalagi debu sebagai hasil blasting tadi yang mempunyai pressure yang sangat tinggi. Warna debu kemerahan atau kekuningan saya kira diakibatkan karena karat yang terkelupas dari pipa tersebut yang menyatu dengan gritnya. Karena setelah grit mengenai pipa, gritnya akan pecah menjadi abu oleh akibat pressure yang tinggi dari kompressor.

Dengan begitu suasana disekitarnya kan terlihat seperti debu berterbangan seperti kemerahan atau kekuningan. Dan memang sangat berbahaya bagi kesehatan kita terutama pernafasan.

Kalau pelaksanaan grit blasting diruang tertutup seperti didalam tanki biasanya menggunakan alat untuk menyedot debu (vacuum machine) hasil blasting tersebut.

Jadi ya memang berbahaya bagi pernafasan kita dan sebenarnya nggak boleh lokasinya dekat dengan pemukiman atau jalan umum.

Tanggapan 7 – Priatna, Waluya

Pak Sabto,

Pasirnya bukan untuk blasting tapi digunakan untuk coating subsea pipe line.

Tanggapan 8 – Sapto H. Wibowo

Terima kasih pak Priatna, soalnya dulu saya juga pernah lewat didepan Bredero Price dan dari kejauhan saya lihat memang banyak pasir kehitaman menumpuk disana.