Semakin tinggi silicon content dia mempunyai kecenderungan peka terhadap Crack.

Tanya – Kaelan, Christanto

Dear all,

Pertama, Saya ingin menanyakan mengenai landasan penetapan jarak HAZ (heat affected zone) dalam suatu struktur. Kalo saya biasanya mengambil batasan dari AWS yaitu sebesar 3 feet dari jarak splice terdekat , cuma saya tidak tahu atas dasar apa AWS mengambil batasan ini. yang kedua, kalo saya tidak salah baca, kandungan Si (silikon) dalam material itu berfungsi untuk menambah weldability material tetapi nilai Si itu termasuk salah satu variabel yg dipakai untuk menentukan CEQ dan Pcm value suatu material sedangkan semakin tinggi nilai CEQ dan Pcm maka makin rendah weldability suatu material. Ada yang bisa menerangkan mengapa ada Si dijadikan variabel dalam penentuan nilai CEQ dan Pcm value ?

Mohon pencerahannya, maklum basic saya dari civil engineering, bukan dari material.

Tanggapan – ‘qaqcptmeco’

Salam hangat untuk Bung Christanto

Pertanyaannya agak berat tapi coba saya jawab, untuk penetapan HAZ berdasarkan AWS standard saya akan mengkaji ulang Standard tersebut karena selama ini didalam AWS tidak ada kejelasan mengapa HAZ dijadikan faktor penentu didalam konstruksi structure khususnya Plat form.

Untuk kadungan Si (Silikon) saya ingin menanyakan apa material yang anda gunakan ?

Perlu diketahui semakin tinggi silicon content dia mempunyai kecenderungan peka terhadap Crack lebih-lebih base material anda mempunyai kandungan yang low ferrite atau fully austenitic.

Demikian pencerahan yang bisa kami sampaikan.